Kemarau, 111 Hektare Lahan di Aceh Terbakar

Selasa, 09 Juli 2019 - 17:20 WIB
Kemarau, 111 Hektare Lahan di Aceh Terbakar
Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) memastikan luas lahan terbakar akibat musim kemarau yang melanda 10 kabupaten di Provinsi Aceh sudah mencapai 111,4 hektare.(Ilustrasi/SINDOnews)
A A A
MEULABOH - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) memastikan luas lahan terbakar sepanjang musim kemarau di 10 kabupaten, Provinsi Aceh sudah mencapai 111,4 hektare.

"Kebakaran lahan seluas kurang lebih 111,4 hektare di Aceh, 90 persen di antaranya sudah dapat dipadamkan," kata Kepala BPBA, Teuku Ahmad Dadek di Meulaboh, Aceh Barat, Selasa (9/7/2019).

Dikatakannya, 10 kabupaten yang terjadi kebakaran lahan ini di antaranya, Kabupaten Nagan Raya meliputi empat kecamatan yaitu di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Desa Kuala Tripa, Kecamatan Tripa Makmur, Desa Cot Mue, Kecamatan Tadu Raya serta Desa Lamie, Kecamatan Darul Makmur dengan luas lahan yang terbakar mencapai 32,5 hektare.

Sedangkan di Kabupaten Aceh Barat, lokasi kebakaran terjadi di empat kecamatan seperti di Desa Seuneubok Kecamatan Johan Pahlawan, Desa Suak Panteu Breuh Kecamatan Samatiga, Desa Napai Kecamatan Woyla Barat serta Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo dengan luas lahan sekitar 45 hektare.

Di Kabupaten Aceh Besar kebakaran juga melanda lima kecamatan seperti di Desa Jantang Kecamatan Lhoong, Desa Ujong Batee Kecamatan Masjid Raya, Desa Cot Kareung Kecamatan Lembah Seulawah, Desa Beuradeun Kecamatan Peukan Bada, Desa Pulot Kecamatan Leupung dengan luas lahan yang terbakar sekitar 19 hektare.

Untuk Kabupaten Aceh Jaya, kata Teuku Ahmad Dadek, luas lahan yang terbakar sekitar 2 hektare yang tersebar di beberapa titik seperti di Kecamatan Pangan, Setia Bakti, Masjid Raya dan Kecamatan Teunom.

Kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah di Desa Sumber Daya, Kecamatan Timang Gajah luas lahan yang terbakar sekitar 1/4 hektare, di Kabupaten Aceh Barat Daya lahan yang terbakar mencapai 3 hektare di Kecamatan Babah Rot.

Di Kabupaten Aceh Selatan, kebakaran lahan juga melanda 3,5 hektare lahan di Kecamatan Bakongan. Kemudian di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Gayo Lues api juga membakar lahan masing-masing seluas satu hektare. Sedangkan di Kabupaten Aceh Singkil, kebakaran lahan juga terjadi di Desa Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah dengan luas lahan yang terbakar mencapai 4 hektare.

"Selain upaya pemadaman api, kami juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat, termasuk memasang spanduk di 100 titik di Aceh dengan harapan warga tidak melakukan pembakaran lahan," katanya.

"Saat ini proses pemadaman api di beberapa titik kebakaran di Aceh masih terus dilakukan dan sebagian besar lokasi kebakaran lahan juga sudah mampu dipadamkan petugas di masing-masing daerah," pungkasnya.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2184 seconds (0.1#10.140)