Saber Pungli Tak Berperan Dalam PPDB

Selasa, 09 Juli 2019 - 12:33 WIB
Saber Pungli Tak Berperan Dalam PPDB
Komisioner Ombudsman RI (ORI) Adrianus Meliala.(Foto/SINDOnews/Dok)
A A A
JAKARTA - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) kurang berperan dalam penerapan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Padahal,Ombudsman RI mencium adanya praktik pungli dalam sistem zonasi. “Ini lagi musim PPDB di mana-mana marak, kami concern dalam beberapa paling nggak pada tim Satgas (Saber Pungli) yang harusnya bekerja,” kata Komisioner Ombudsman RI (ORI) Adrianus Meliala di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (9/7/2019).

Adrianus mengaku bahwa ORI cukup kerepotan dalam pemantauan PPDB ini. Sayangnya, kawan-kawan yang berada dalam Satgas Saber Pungli yang juga ada dalam poksi yang sama justru kurang berperan dalam proses PPDB.

“Mungkin, melalui anda-anda (media) bisa disuarakan (agar) Tim Satgas Saber Pungli itu bekerja dalam hal ini,” pinta Adrianus.

Karena, lanjut dia, ada motivasi uang di dalam proses PPDB, kalaupun tidak ada motivasi uang di ujungnya akan ada pungli juga. Misalnya, ada peserta didik yang ingin pindah ke sekolah di zona tertentu, dan untuk memenuhi keinginan itu pasti akan ada pungli.

“Artinya, pungli menjadi tujuan dan cara. untuk itu maka harapan kami tim Satgas Saber Pungli baik di pusat maupun daerah memusatkan perhatian pada hal ini,” harapnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4240 seconds (0.1#10.140)