Nyaris Telanjang, Aktifis Protes Balap Lari Banteng Spanyol

Sabtu, 06 Juli 2019 - 17:10 WIB
Nyaris Telanjang, Aktifis Protes Balap Lari Banteng Spanyol
Aktivis hak-hak binatang melakukan aksi protes menentang balap lari banteng dengan tiduan di dalam siluet banteng dengan setengah telanjang. Foto/Istimewa
A A A
MADRID - Sebanyak 50 aktivis hak-hak hewan melakukan aksi protes terhadap tradisi balap lari banteng yang terkenal di kota Spanyol, Pamplona.

Aksi itu dilakukan saat pesta San Fermin akan segera dimulai. Hanya menggunakan celana dalam hitam, anggota PETA dan kelompok perlindungan hewan Spanyol AnimaNaturalis berbaring dalam siluet putih banteng jantan yang "terbunuh" di lapangan berbatu yang panas di pusat kota.

Beberapa dari mereka juga mengenakan tanduk banteng dan memiliki tombak palsu di punggung mereka, mereferensikan senjata yang digunakan oleh picador ("picker" dalam bahasa Spanyol) menusuk banteng untuk memulai pertarungan.

Aksi itu terjadi satu hari menjelang festival San Fermin, sebuah pesta delapan hari yang terkenal dengan pertunjukan bantengnya yang spektakuler, di mana hewan-hewan itu mengejar para peserta pemberani melalui jalan-jalan menuju ring di mana mereka akan ditikam hingga mati.

Aksi yang melibatkan 54 pengunjuk rasa dari Spanyol, Inggris, AS, Irlandia dan Australia, ditutup dengan pita kuning, yang mewakili "tempat kejadian" banteng jantan itu.

“Banteng jantan muda yang memiliki sedikit sekali kontak dengan manusia diangkut ke Pamplona dalam perjalanan yang panjang dan menegangkan,” kata PETA Inggris dalam sebuah pernyataan di situsnya.

“Penyelenggara festival mengurung mereka di kandang kecil selama beberapa hari. Kemudian, mereka melepaskannya ke kerumunan orang yang berisik dan kacau - kebanyakan turis - yang mengejar binatang-binatang yang ketakutan melalui jalan-jalan sempit kota. Banteng jantan sering menabrak dinding atau kehilangan pijakannya, terkadang mematahkan tulang,” sambung pernyataan itu seperti dilansir dari Sputnik, Sabtu (6/7/2019).

PETA memperingatkan bahwa setidaknya 48 ekor banteng akan dibunuh selama perayaan San Fermin dan meminta walikota Pamplona untuk menghentikan pertumpahan darah itu.

Balap lari banteng, tradisi berusia berabad-abad, masih populer di beberapa kota Spanyol selama musim panas; praktik perkelahian banteng yang lebih keras telah menimbulkan banyak kontroversi akhir-akhir ini.

Mantan walikota Pamplona, ??Joseba Asiron, mengatakan tahun lalu bahwa balap lari banteng menjadi "tanda identitas" di kota Spanyol utara, tetapi mungkin untuk meninggalkan balap lari banteng tanpa pertempuran, menarik reaksi dari industri perkelahian banteng dan peternak.

Kepulauan Canary melarang praktik kontroversial ini pada tahun 1991, yang kemudian diikuti Catalonia pada tahun 2010.

Namun, Mahkamah Konstitusi Spanyol membatalkan keputusan Catalonia pada tahun 2016, dengan mengatakan bahwa pemerintah setempat telah melanggar kekuasaan Madrid dalam melarang apa yang digambarkan pengadilan sebagai "satu lagi ekspresi sifat budaya yang membentuk bagian dari warisan budaya bersama".

Putusan itu tidak menjelaskan apakah larangan Canary itu melanggar hukum.

Proposal serupa saat ini sedang dibahas di Kepulauan Balearic dan beberapa kota di seluruh negeri.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2240 seconds (0.1#10.140)