ABG yang Ekspresif Tak Akan Mudah Depresi

Rabu, 03 Juli 2019 - 12:44 WIB
ABG yang Ekspresif Tak Akan Mudah Depresi
Remaja yang dapat mengeluarkan emosi negatif dengan cara yang tepat ternyata tidak mudah depresi. Hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Emotion. (Foto/SINDOnews/Istimewa)
A A A
JAKARTA - Anak baru gede (ABG) atau remaja yang dapat mengeluarkan emosi negatif dengan cara yang tepat lebih terlindungi dari depresi dibandingkan remaja lainnya.

Hal ini berdasarkan penelitian yang didasarkan pada diferensiasi emosi negatif atau NED.

"Remaja yang menggunakan istilah yang lebih terperinci seperti 'Saya merasa kesal,' atau 'Saya merasa frustrasi,' atau 'Saya merasa malu' daripada hanya mengatakan 'Saya merasa buruk' lebih terlindungi dari mengembangkan gejala depresi yang meningkat setelah mengalami kehidupan yang penuh tekanan," kata Lisa Starr, penulis utama studi yang diterbitkan di jurnal Emotion.

Mereka yang mendapat skor rendah pada diferensiasi emosi negatif cenderung menggambarkan perasaan mereka menggunakan istilah umum seperti buruk atau kesal.

Akibatnya, seperti dilansir Times Now News, mereka kurang dapat mengambil manfaat dari pelajaran berguna yang dikodekan dalam emosi negatif, termasuk kemampuan untuk mengembangkan strategi koping yang dapat membantu mereka mengatur bagaimana perasaan mereka.

"Emosi menyampaikan banyak informasi. Mereka mengkomunikasikan informasi tentang keadaan motivasi seseorang, tingkat gairah, valensi emosional, dan penilaian pengalaman yang mengancam," terang Starr.

Seseorang harus mengintegrasikan semua informasi yang diperlukan untuk mencari tahu, apakah dia merasa jengkel, marah, malu, atau emosi lain. Setelah semua informasi tersedia, dapat digunakan untuk membantu menentukan tindakan terbaik.

"Ini akan membantu saya memprediksi bagaimana pengalaman emosional saya akan terungkap, dan bagaimana saya bisa mengatur emosi-emosi ini untuk membuat diri saya merasa lebih baik," jelasnya.

Tim menemukan bahwa diferensiasi emosi negatif yang rendah (NED) memperkuat hubungan antara peristiwa kehidupan yang penuh stres dan depresi, yang mengarah pada berkurangnya kesejahteraan psikologis.

Dengan memfokuskan secara eksklusif pada masa remaja, yang menandai waktu meningkatnya risiko depresi, penelitian ini memusatkan perhatian pada kesenjangan dalam penelitian hingga saat ini.

Penelitian yang dilakukan sebelumnya telah menyarankan bahwa selama masa remaja, NED seseorang jatuh ke titik terendah, dibandingkan dengan anak-anak yang lebih muda atau orang dewasa. Justru selama waktu yang sangat penting ini perkembangan tingkat depresi naik terus.

Para peneliti juga menemukan bahwa kaum muda yang miskin dalam membedakan emosi negatif mereka lebih rentan terhadap gejala depresi setelah peristiwa kehidupan yang penuh tekanan.

Sebaliknya, mereka yang menunjukkan NED tinggi lebih baik dalam mengelola emosi dan perilaku setelah terkena stres, sehingga mengurangi kemungkinan memiliki emosi negatif yang meningkat menjadi depresi klinis yang signifikan dari waktu ke waktu.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8106 seconds (0.1#10.140)