Jelang Puasa, Harga Sapi Hidup Tembus Rp130 Ribu per Kg di Simalungun

Selasa, 30 April 2019 - 12:27 WIB
Jelang Puasa, Harga Sapi Hidup Tembus Rp130 Ribu per Kg di Simalungun
Tiga pekan sebelum puasa harga jual sapi hidup masih Rp110 ribu per kilogram,saat ini naik menjadi Rp130 ribu.Foto/Dok
A A A
GUNUNG MALELA - Jelang Ramadhan, harga jual sapi hidup di tingkat peternak naik tajam di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut).

Peternak lembu di Desa Syahkuda Bayu,Kecamatan Gunung Malela,mengatakan kenaikan harga jual sapi hidup memang mengalami kenaikan sejak 3 pekan belakangan dan permintaan juga naik.

"Tiga pekan sebelum Puasa harga jual sapi hidup masih Rp110 ribu per kilogram,saat ini naik menjadi Rp130 ribu," ujar Junaidi peternak sapi di Desa Syakhuda Bayu, Selasa (30/4/2019).

Menurut Junaidi permintaan sapi hidup dari kalangan penjual daging juga naik dibandingkan sebelum mendekati puasa.

"Setiap hari sejak sepekan ini minimal asa 3 hingga 5 ekor yang laku,padahal hari biasa paling hanya satu ekor," kata Junaidi.

Permintaan sapi hidup menurutnya bukan hanya dari pedagang daging di Pematangsiantar - Simalungun namun dari Batubara,Asahn bahkan Labuhan Batu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Simalungun,Harmedin Saragih dihubungi terpisah mengatakan,pihaknya tetap memantau ketersedian stok sembako dan harganya.

"Sejauh ini harga sembako dan ketersediaannya masih stabil jikapun ada kenaikan ,masih wajar kenaikannya," ujar Harmedin.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8189 seconds (0.1#10.140)