Truk Tangki BBM Meledak di Nigeria, 35 Orang Tewas

Rabu, 03 Juli 2019 - 11:04 WIB
Truk Tangki BBM Meledak di Nigeria, 35  Orang Tewas
Sebuah truk tangki bbm meledak di Nigeria menyebabkan 35 orang tewas. (Foto/Istimewa)
A A A
LAGOS - Sedikitnya ada 35 orang tewas serta 101 lainnya mengalami berbagai tingkat luka bakar dalam insiden ledakan truk tangki bensin di Nigeria selatan.

Hal itu diungkapkan oleh seorang pejabat setempat. "Tragedi itu terjadi pada hari Senin di desa Ahumbe di negara bagian Benue. Sebuah truk tangki bbm terbalik setelah mengalami kecelakaan dan terbakar ketika puluhan orang berusah meraup bahan bakar yang bocor," tutur komandan Korps Keselamatan Jalan Federal, Aliyu Baba, seperti dilansir dari Xinhua, Rabu (3/7/2019).

Baba mengatakan kepada wartawan di Makurdi, ibukota negara bagian itu, bahwa truk tangki bahan bakar itu tergelincir saat pengemudi menghindari lubang di daerah itu. Kendaraan itu kemudian terbalik.

"Insiden itu berlangsung selama hampir 45 menit, sampai sebuah bus Toyota menabrak truk tangki bahan bakar itu, menyebabkan ledakan pertama," tambah pejabat jalan raya itu.

Ia mengatakan api yang disebabkan oleh ledakan pertama menewaskan 14 penumpang langsung di bus, dan beberapa orang yang meraup bahan bakar.

Ledakan kedua, yang menyebabkan lebih banyak korban, terjadi ketika para penonton, pengendara mobil dan penduduk desa berbaris ke tempat kejadian untuk melihat kejadian itu atau membantu upaya penyelamatan.

"Sejauh ini setidaknya tercatat 35 kematian," menurut Baba.

Terlumun Swende, seorang dokter di rumah sakit setempat, mengatakan kepada media bahwa salah satu dari 10 korban yang diterima di fasilitas meninggal pada Selasa dini hari.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia "bersedih dengan hilangnya nyawa yang disayangkan yang jelas dapat dihindari".
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6407 seconds (0.1#10.140)