alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pansel Dewan Jaminan Sosial Nasional Buka Pendaftaran Calon Anggota

Vitrianda HIlba Siregar
Pansel Dewan Jaminan Sosial Nasional Buka Pendaftaran Calon Anggota
Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota DJSN Tubagus Achmad Choesni menggelar konferensi pers di Jakarta, Selasa (2/7/2019). (Foto/SINDOnews)

JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) mulai membuka pendaftaran calon anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) untuk masa jabatan 2019-2024.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) calon anggota DJSN Tubagus Achmad Choesni dalam konferensi persnya di Jakarta, Selasa (2/7/2019) mengatakan,  sinkronisasi kebijakan penyelenggaraan sistem jaminan sosial nasional atau SJSN menjadi agenda utama DJSN pada periode selanjutnya.
 
Sementara proses seleksi  dilakukan setelah terbitnya Keputusan Presiden Nomor 60/P Tahun 2019 tentang pembentukan pansel.
Untuk periode 2019-20124 akan ada 15 Anggota DJSN akan dipilih. Nah, mereka terdiri dari 6 anggota dari unsur pemerintahan, 5 anggota dari unsur tokoh/ahli, 2 anggota dari unsur organisasi pemberi kerja, dan 2 anggota dari unsur organisasi pekerja.

"Sementara proses seleksi terdiri dari empat tahapan, yakni seleksi administrasi, tes tertulis, asesmen, serta wawancara dan kualifikasi," kata dia.



Sedangkan pendaftaran seleksi dilakukan pada 26 Juni 2019 sampai dengan 15 Juli 2019, lalu nama-nama terpilih akan diserahkan kepada presiden paling lambat 19 Oktober 2019.

Tubagus menjelaskan, seleksi anggota DJSN merupakan tahapan penting bagi dewan yang mengawasi pelaksanaan SJSN tersebut. Pada periode berikutnya, menurut dia, DJSN akan memilih anggota yang mampu mendorong sinkronisasi kebijakan SJSN.

Perkembangan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di BPJS  Kesehatan BPJS Ketenagakerjaan maka sosok yang perlu diperhatikan adalah calon anggota memiliki program yang sinkron.

"Gunanya DJSN untuk memformulasikan kebijakan sekaligus sinkronisasi kebijakan,” ujar Tubagus.

Meskipun tidak terdapat perubahan komposisi dari keanggotaan DJSN, pihaknya akan mendorong pencarian solusi dari berbagai permasalahan SJSN yang saat ini masih terjadi.



(vhs)

loading...