BKSD Aceh Tangkap Buaya Pemangsa Seorang Nelayan

Selasa, 02 Juli 2019 - 09:18 WIB
BKSD Aceh Tangkap Buaya Pemangsa Seorang Nelayan
Penangkapan buaya pemangsa manusia menjadi tontonan warga. (Foto: Dok iNews).
A A A
ACEH JAYA - Tim Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Aceh menangkap seekor buaya sepanjang 4 meter yang kerap meresahkan warga.

Hewan buas ini juga diduga telah menerkam seorang nelayan. Buaya meter ini akhirnya masuk dalam perangkap yang dipasang tim BKSDA. Mereka sudah memasangnya sudah sembilan hari lalu di bantaran sungai.

Seorang warga, Abdul Hadi mengatakan, perangkap buaya ini dipasang di bantaran Sungai Krueng Riagih, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

"Memang sulit menangkapnya. Perangkap saja dipasang sejak sembilan hari lalu, baru sekarang tertangkap," kata dia kepada wartawan di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, Senin (1/7/2019).

Buaya tersebut lalu dievakuasi menggunakan perahu boat nelayan menuju ke tepi sungai. Warga sempat menonton evakuasi buaya, dan melihat hewan buas yang disebut sempat memakan manusia beberapa waktu lalu.

Hadi juga mengatakan, selama satu tahun terakhir, keberadaan buaya tersebut telah menelan korban jiwa, salah satunya nelayan saat mencari ikan di aliran sungai tersebut.

"Buaya ini membuat kecemasan warga selama ini terutama nelayan. Sebab buaya ini pernah menerkam salah satu dari mereka," ujar dia.

Setelah berhasil ditangkap, buaya ini selanjutnya akan diamankan sementara ke kantor BKSDA Kota Banda Aceh. Kemudian, akan ditawarkan di lembaga konservasi di Aceh atau Sumut.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0818 seconds (0.1#10.140)