Wakil Ketua DPD Harapkan di Pilkada Siantar Ada Calon Perempuan

Kamis, 27 Juni 2019 - 19:05 WIB
Wakil Ketua DPD Harapkan di Pilkada Siantar Ada Calon Perempuan
Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis saat menghadiri seminar bertajuk Perempuan dan Kebijakan Publikdi Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematangsiantar, Jalan Kartini, Kamis (27/6).(Foto/Ist)
A A A
PEMATANGSIANTAR - Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis berharap pada Pilkada Kota Pematangsiantar, 2020 mendatang ada calon dari unsur perempuan.

Dia mengatakan ajang pilkada adalah saat yang tepat bagi perempuan untuk tampil. Kaum perempuan mempunyai kesempatan dan hak yang sama menjadi kepala daerah.

Perempuan, sambungnya, harus punya ilmu. Tanpa ilmu, perempuan tidak akan mampu berbicara. “Saya ingin, di Pilkada Siantar selanjutnya, tahun 2020 atau 2024, harus ada calon perempuan. Wanita harus terus berjuang untuk negara dan keluarga,” kata dia.

Senator asal Sumatera Utara mengatakan hal ini saat menjadi pembicara seminar bertajuk Perempuan dan Kebijakan Publik, yang digelar Pengurus Daerah Wanita Islam Kota Pematangsiantar di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jalan Kartini, Kamis (27/6).

Darmayanti menilai jika perempuan diberikan kesempatan berkecimpung dalam politik, tentunya arah kebijakan publik akan lebih peduli terhadap perempuan. “Jadi para perempuan, belajarlah ilmu politik. Negara tidak ada membatasi peranan perempuan. Tetap diberikan kesempatan yang sama dengan laki-laki,” terangnya dalam siaran pers yang dikirim.

Sedangkan agama, khususnya Islam, lanjutnya, juga mendorong perempuan untuk maju.
“Tentunya tetap menutup aurat, bersikap sesuai akidah, dan bisa memberikan manfaat atau berkah,” katanya lagi.

Yang terpenting, lanjut Darmayanti, perempuan harus mampu mengatur waktu, apalagi yang memutuskan untuk berperan di publik dan domestik.

Darmayanti sendiri, sempat menceritakan bagaimana perjuangannya untuk menjaga suaranya dalam pemilu lalu. Bahkan, hingga ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kita masih berjuang. Berkas sudah masuk ke MK. Tinggal menunggu jadwal sidang,” terang Darmayanti, yang tahun ini merupakan kali ketiga ia menjadi calon anggota DPD.

Sebelumnya, Ketua PD Wanita Islam Pematangsiantar Rayani Purba dalam sambutannya mengatakan, wanita harus memiliki peranan penting. “Wanita adalah tiang agama. Apabila wanita rusak, maka rusaklah negara,” katanya.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua MUI Pematangsiantar Drs HM Ali Lubis, Sekretaris Umum H Ahmad Ridwansyah Putra, dan Bendahara Umum Badri Kalimantan.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7969 seconds (0.1#10.140)