Tiga Negara Ini Dikabarkan Bakal Ganggu Pemilu Amerika 2020

Selasa, 25 Juni 2019 - 10:02 WIB
Tiga Negara Ini Dikabarkan Bakal Ganggu Pemilu Amerika 2020
Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian
A A A
WASHINGTON - Pejabat pemerintahan Donald Trump mengatakan bahwa Rusia, China dan Iran berusaha memanipulasi opini publik Amerika Serikat (AS) jelang pemilu 2020.

Namun ketiga negara itu tidak ada yang berhasil merusak infrastruktur fisik pemilu, yang tetap menjadi target potensial bagi aktor negara dan non negara. "China terutama menggunakan outlet media konvensional untuk mengadvokasi kebijakan tertentu, termasuk perdagangan, sementara Rusia dan Iran lebih aktif di platform media sosial," ungkap seorang pejabat senior intelijen AS, yang berbicara dengan syarat tidak diidentifikasi, seperti dilansir dari Bloomberg, Selasa (25/6/2019).

Pemerintahan sebelumnya telah menunjuk tiga negara itu karena berusaha untuk ikut campur dalam pemilihan presiden 2016 dan pemilu sela 2018. Pejabat itu tidak memberikan contoh spesifik gangguan yang dimaksud, dengan mengatakan itu bisa membahayakan upaya untuk menghentikannya.

Seorang pejabat kedua mengatakan pemerintah AS tidak perlu mengungkapkan semua upaya pengaruh asing atas kekhawatiran akan menghambat penegakan hukum. Pengarahan itu dilakukan menjelang KTT G20 di Jepang, di mana Presiden Donald Trump diperkirakan akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pertemuan ini juga bertepatan dengan meningkatnya ketegangan dengan Iran setelah AS menuduh Teheran menyerang kapal tanker di Selat Hormuz dan menembak jatuh drone Angkatan Laut AS.

Trump meningkatkan tekanan pada hari Senin dengan menjatuhkan sanksi kepada pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, dan delapan komandan senior militer. Seorang peneliti di perusahaan cybersecurity FireEye Inc. mengatakan peretas Iran telah meningkatkan serangan terhadap AS dalam beberapa pekan terakhir.

"Kelompok peretas yang didukung negara Iran, APT33, telah mengirim gelombang email spearphishing ke organisasi keuangan dan entitas pemerintah AS bulan ini dalam upaya untuk mendapatkan akses ke sistem komputer mereka," menurut Benjamin Read, seorang manajer senior di FireEye.

"Jika berhasil, peretas dapat mengganggu sistem operasi bank dengan menyapu komputer dan menghambat fungsi-fungsi penting," terang Read.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7310 seconds (0.1#10.140)