September, DPR Pastikan Uji Kelayakan Capim KPK Rampung

Senin, 24 Juni 2019 - 14:33 WIB
September, DPR Pastikan Uji Kelayakan Capim KPK Rampung
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bersama Presiden Jokowi. Foto/Sindophoto
A A A
JAKARTA - Meski masa jabatan Pimpinan KPK berakhir pada Desember 2019, namun DPR periode ini tetap akan mengambil alih fit and proper test calon pimpinan KPK pada September nanti, sebelum masa kerja DPR periode 2014-2019 berakhir.

"Intinya penugasan untuk melakukan fit and proper kita sudah deliver ke Komisi III. Periode lalu kan juga dilakukan anggota Komisi III di periode tersebut. Nah pelantikannya akan dilakukan Desember. Kan berakhirnya Desember. Jadi bukan artinya kalau fit and proper sekarang akan diganti sekarang," kata Ketua DPR Bambang Soesatyo, Senin (24/6).

Bambang menegaskan, meskipun nantinya capim KPK baru sudah terpilih di DPR, itu tidak akan langsung mengganti dan mengurangi masa jabatan Pimpinan KPK yang ada sekarang. Karena, Pimpinan KPK yang sekarang tetap akan bekerja hingga 21 Desember dan capim KPK terpilih nanti baru akan dilantik oleh Presiden.

"Dulu juga seperti itu. Fit and proper bulan September. Saya dulu ikut, hingga Pak Agus menjadi Ketua KPK dan lain-lain menjadi wakil-wakilnya," ujarnya.

Karena itu, mantan Ketua Komisi III DPR ini menegaskan, hal ini sudah biasa terjadi di DPR. Terlebih, penugasan Panitia Seleksi (Pansel) capim KPK juga terbatas dan akan segera selesai pada 4 Juli."Kami menunggu 10 nama yang menurut pansel terbaik, kita pilih 5. Bukan soal percaya atau tidak percaya dengan DPR periode selanjutnya," tandasnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7054 seconds (0.1#10.140)