Sebanyak 20 Korban Kebakaran Pabrik Korek Api Gas Teridentifikasi

Senin, 24 Juni 2019 - 07:08 WIB
Sebanyak 20 Korban Kebakaran Pabrik Korek Api Gas Teridentifikasi
Tim DIV Polda Sumut berhasil mengidentifikasi 20 jenazah korban kebakaran pabrik korek api gas di Langkat. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)
A A A
MEDAN - Hingga Minggu (23/6/2019), Tim DVI Polda Sumatera Utara dibantu DVI dari Mabes Polri berhasil mengidentifikasi 20 korban kebakaran pabrik korek api gas di Langkat.

Dengan demikian, hingga hari ketiga setelah musibah kebakaran pabrik itu, 27 korban berhasil diidentifikasi oleh petugas DVI. Namum, tim DVI belum merinci identitas korban yang sudah berhasil diidentifikasi.

“Hari ini, 20 sudah diidentifikasi, tinggal tiga lagi yang belum (dikenali)," ungkap salah satu petugas DVI. (Baca juga: Kementerian Perindustrian Cek Izin Pabrik Korek Api Gas yang Terbakar)

Petugas DVI tampak sudah memasukkan jenazah korban ke sebuah peti mati yang diletakkan berjejer di depan kamar jenazah RS Bhayangkara, Polda Sumatera Utara. Jenazah korban malam ini akan diserahkan kepada pihak keluarga untuk selanjutnya dimakamkan.

Kabid Dokkes Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Sahat Harianja mengatakan, tim DVI sudah mampu mengidentikasi 66,6 persen dari seluruh korban kebakaran pabrik korek gas.

Dia mengungkapkan, tim DIV mungkin tidak dapat menuntaskan proses identifikasi korban kebakaran. Hal ini disebabkan proses identifikasi dengan menggunakan teknik DVI membutuhkan waktu.

"Namun demikian kita akan mengupayakan jauh lebih cepat dan tim kita terus bekerja siang dan malam untuk menuntaskan proses identifikasi," katanya. (Baca juga: Ayu Anitasari: Api Muncul dari Teman yang Lagi Mengisi Gas)

Harianja menjelaskan, dalam proses identifikasi korban tim DVI menempuh berbagai cara, termasuk dengan metode visiualisasi yang melibatkan keluarga korban yang mengenali properti dan tanda-tanda medis yang ada. "Kemudian juga menggunakan teknik pengenalan gigi, pengenalan sidik jari hingga pengenalam DNA korban," ujarnya.

Sebelumnya, tim telah mengidentifikasi tujuh korban tewas tragedi tersebut. Jasad mereka dimasukkan ke dalam peti jenazah. Masing-masing peti jenazah tersebut diberi tanda yakni nomor dan kertas berisi data korban.

Adapun identitas ketujuh korban yang telah teridentifikasi yakni Rina (15), Syifa Oktaviana (9), Sahmayanti (22), Vinkza Parisyah (10), Bisma Syahputra (3), Runisa Syaqila (2) dan Zuan Ramadhan (6).
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0710 seconds (0.1#10.140)