Hari Yoga Internasional, Berikut Manfaat dan Panduan Berlatih Yoga

Jum'at, 21 Juni 2019 - 11:07 WIB
Hari Yoga Internasional, Berikut Manfaat dan Panduan Berlatih Yoga
Yoga sudah dikenal manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Tak hanya melatih pernapasan, juga dipercaya membuat tubuh menjadi lebih enerjik, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi. Manfaat lain dari yoga adalah merefleksikan seluruh tubuh, mema
A A A
JAKARTA - Yoga sudah dikenal manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Tak hanya melatih pernapasan, juga dipercaya membuat tubuh menjadi lebih enerjik, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi.

Manfaat lain dari yoga adalah merefleksikan seluruh tubuh, memastikan sistem pencernaan berfungsi lebih baik serta mengurangi sembelit, mengatasi susah tidur, membuat sirkulasi menstruasi teratur, mengurangi kadar gula darah, mengurangi tingkat stres, membantu menghilangkan penyakit perut, menyeimbangkan kedua sisi tubuh.

Yoga juga menjadi latihan kardio yang baik. Jika dilakukan secara rutin setiap hari, manfaat tersebut bisa dirasakan. Bertepatan dengan Hari Yoga Internasional yang jatuh pada 21 Juni, berikut panduan lengkap berlatih yoga untuk kesehatan seperti dilansir Times Now News.

1. Pranam asana (pose doa)
Berdirilah dengan kaki yang sama tegapnya. Tulang belakang sejajar dan gabungkan dua telapak tangan. Letakkan telapak tangan di dada dekat jantung. Tarik napas dan hembuskan.

2. Hastha uttanasana (pose lengan terangkat)
Angkat kedua tangan yang memegang pranam di atas kepala dengan mata terbuka. Jaga lutut lurus dan kepala di antara lengan. Tarik napas dalam-dalam dan tahan napas saat membungkuk. (Baca juga: Olahraga Pagi dan Sore Memiliki Manfaat Berbeda).

3. Padahastasana (membungkuk ke depan)
Membungkuklah dari pinggul untuk meletakkan telapak tangan di kedua sisi kaki dan letakkan dada serta perut di paha Anda. Jaga lutut tetap lurus. Saat membungkukkan badan ke depan, buang napas dalam-dalam.

4. Ashwa sanchalanasana (pose berkuda)
Mundur dengan kaki kanan dan letakkan ke bawah menyentuh matras. Tekuk kaki kiri keluar. Tempatkan telapak tangan rata dengan matras dan condongkan tubuh kedepan. Lutut kiri harus ditekuk hingga maksimal 90 derajat, posisikan lutut sejajar dengan pergelangan kaki. Tarik napas saat Anda mundur.

5. Santolanasana (pose papan)
Langkah mundur dengan kaki kiri menjaga telapak tangan persis sejajar dengan bahu untuk berpose papan. Sentuh lantai dengan jari kaki dan jaga lutut tetap lurus. Hembuskan napas saat Anda melangkah mundur dan kemudian tahan napas.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2639 seconds (0.1#10.140)