Aneh, Awan seperti Ombak Tsunami Muncul di Langit Amerika

Kamis, 20 Juni 2019 - 11:05 WIB
Aneh, Awan seperti Ombak Tsunami Muncul di Langit Amerika
Kumpulan awan aneh seperti ombak tsunami muncul di Smith Mountain, Virgnia, Amerika Serikat (AS). Foto/Facebook/Amy Christie Hunter
A A A
VIRGINIA - Kumpulan awan seperti ombak tsunami muncul di langit Virgnia, Amerika Serikat (AS). Pemandangan unik itu dianggap menginspirasi lukisan "Starry Night" karya Van Gogh.

Seorang warga bernama Amy Christie Hunter pertama kali melihat langit mendung dengan kumpulan awan seperti ombak laut di atas Smith Mountain (Gunung Smith). Awan misterius membentuk puncak sempurna, seolah-olah laut melayang di atmosfer Bumi.

Hunter mengambil foto pembentukan awan aneh tersebut dan membagikannya di grup Facebook untuk foto-foto Smith Mountain pada 19 Juni. Sebagian besar anggota grup media sosial itu mengatakan bahwa mereka belum pernah melihat fenomena yang luar biasa itu sebelumnya meski ada alasan mengapa terbentuk awan seperti itu.

Menurut laman EarthSky.org, Kamis (20/6/2019) kumpulan awan itu adalah gelombang Kelvin-Helmholtz, yang biasanya terbentuk pada hari-hari yang berangin ketika ada perbedaan kecepatan di antara dua cairan, seperti angin yang bertiup di atas air.

Ketika ada perbedaan kepadatan udara, dan udara atas bergerak dengan kecepatan yang lebih tinggi, awan-awan akan membentuk bentuk seperti gelombang laut.

Gelombang itu dinamai Lord Kelvin dan Hermann von Helmholtz, karena keduanya yang mempelajari fisika di balik pembentukan awan ini. Kehadiran gelombang Kelvin-Helmholtz, bisa berarti ada ketidakstabilan atmosfer, yang bisa berarti menyebabkan turbulensi bagi pesawat.

Menurut EarthSky.org, awan aneh seperti ini telah direnungkan orang-orang selama berabad-abad, bahkan mereka meyakini awan seperti itu yang telah mengilhami Van Gogh menghasilkan lukisan "Starry Night".
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9789 seconds (0.1#10.140)