Persiapkan Kongres, Rakernas PDIP Digelar Secara Tertutup

Rabu, 19 Juni 2019 - 09:32 WIB
Persiapkan Kongres, Rakernas PDIP Digelar Secara Tertutup
PDIP akan menggelar Rakernas V di Kantor DPP PDIP, di jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019). Foto/SINDOnews/Istimewa
A A A
JAKARTA - DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dijadwalkan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV di Kantor DPP PDIP, di jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019).

Namun, rakernas tersebut dikabarkan berlangsung tertutup untuk kalangan pers dan media. Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyadari politik memerlukan ruang kontemplasi agar mengalir gagasan jernih dan semakin berdedikasi bagi rakyat, bangsa, dan negara Indonesia.

"Mohon maaf kepada teman-teman pers, mengingat Rakernas IV lebih banyak membahas agenda internal Partai, maka rakernas bersifat tertutup. Sama halnya ketika Ibu Ketua Umum dalam Rakernas III di Bali mengambil keputusan untuk mencalonkan kembali Pak Jokowi, maka Rakernas IV kali ini pun dilaksanakan secara tertutup. Partai menyadari bahwa keheningan dalam politik penting dalam kontemplasi politik. Terlebih ketika PDI Perjuangan memerlukan suasana khusus, memerlukan kejernihan alam pikir guna merumuskan agenda strategis internal Partai ke depan," tutur Hasto dalam pers rilisnya.

Hasto menjelaskan, Rakernas IV akan merumuskan seluruh tanggung jawab partai dalam mewujudkan harapan rakyat yeng telah memercayakan PDIP dan Jokowi-Ma’ruf Amin dengan memenangkan pemilu serentak yang belum lama berlangsung.

"Kami tidak menanggapi kemenangan dengan euforia. Kami bersyukur, dipercaya kembali oleh rakyat. Kami bertanggung jawab untuk menggunakan besarnya dukungan rakyat tersebut di dalam membangun masa depan bangsa secara bersama-sama dengan cara gotong royong dengan seluruh komponen bangsa," kata Hasto.

Dia menuturkan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, seluruh kader diajarkan untuk lebih memilih membangun organisasi partai lebih penting daripada popularitas orang per orang.

"Partai terus mengedepankan budaya kolektif, berjuang untuk kepentingan bersama. Partai menjalankan tugas strategisnya khususnya di dalam rekrutmen, pendidikan politik, dan kaderisasi kepemimpinan. Namun Partai juga terus belajar agar semakin mampu mengelola jalannya pemerintahan negara. Sebab kekuasaan politik itu berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat," paparnya.

Hasto menjelaskan, Rakernas IV Partai secara khusus untuk memersiapkan konsolidasi Partai dalam rangka pelaksanaan Kongres V yang akan dilaksanakan pada 8 Agustus 2019 di Bali mendatang.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4023 seconds (0.1#10.140)