alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Seluas 7 Hekatare Hutan di Kawasan Danau Toba Terbakar

Ricky Fernando Hutapea
Seluas 7 Hekatare Hutan di Kawasan Danau Toba Terbakar
Hutan di tepi Danau Toba, kawasan Desa Paropo, Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumut, terbakar sejak Minggu (16/6/2019). (Foto: iNews/Irwansyah Sitepu)

DAIRI - Kebakaran hutan kembali terjadi di pinggir Danau Toba, tepatnya di Desa Paropo, Kecamatan Silalahi, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut). Diperkirakan, luas lahan yang terbakar sejak Minggu (16/6/2019) hingga saat ini sudah mencapai 7 hektare (ha).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi, Bahagia Ginting mengatakan, kawasan yang terbakar merupakan hutan lindung. Saat kebakaran hutan, kobaran api terlihat di puncak bukit yang cepat merambat ke wilayah lainnya.

“Petugas sudah kami turunkan dan areal hutan yang terbakar sudah berhasil dipadamkan,” ungkap Bahagia saat dihubungi, Senin (17/6/2019).



Bahagia mengatakan, petugas BPBD masih terus mendata kawasan hutan yang terbakar. Pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa ataupun luka akibat kebakaran hutan itu.

Kawasan hutan yang mayoritas ditumbuhi ilalang di pinggir Danau Toba ini kerap terbakar di musim kemarau. Berdasarkan data yang dihimpun, luas lahan hutan lindung di Danau Toba mencapai 1.130 ha. Lahan ini tersebar di tujuh kabupaten di sekitar danau tersebut, yakni Kabupaten Samosir, Toba Samosir, Humbang Hasudutan, Simalungun, Karo, Tapanuli Utara, dan Dairi.



(zys)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif