alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Yasmeen, Pilot Cantik Pertama Maskapai Arab Saudi

Muhaimin
Yasmeen, Pilot Cantik Pertama Maskapai Arab Saudi
Yasmeen al-Maimani, pilot wanita pertama maskapai Arab Saudi. Foto/Instagram/@captain0jazz

RIYADH - Yasmeen al-Maimani, nama perempuan cantik ini adalah pilot wanita pertama maskapai komersial di Arab Saudi.

Predikatnya sebagai pilot wanita pertama maskapai Saudi dia peroleh setelah enam tahun lalu mendapatkan lisensi penerbangan dari Otoritas Penerbangan Sipil Saudi. Dalam sebuah posting Instagram pada hari Senin pekan lalu, dia memamerkan foto dirinya berada dalam kokpit dengan mengatakan; "Terima kasih Tuhan, saya mencapai impian saya hari ini. Dinyatakan sebagai First Officer."

Yasmeen al-Maimani telah menyelesaikan 300 jam praktik terbang di Amerika Serikat setelah mendapatkan kualifikasi di Yordania. Dia menukar lisensi Amerika-nya dengan lisensi Saudi pada tahun 2013. Sejak menukar lisensinya tahun 2013, dia kesulitan bekerja karena pada saat itu tidak ada maskapai Saudi maupun Teluk yang bersedia merekrutnya lantaran jenis kelaminnya perempuan.



"Saya mengetuk banyak pintu untuk pekerjaan, tetapi penolakan masih berlangsung dengan dalih bahwa pekerjaan perempuan sebagai kapten perempuan tidak ada," katanya dalam wawancara dengan Al Arabiya English tahun 2018.

Namun, mulai tahun lalu wanita Saudi berhak bekerja di sektor penerbangan Saudi untuk berbagai departemen seperti layanan pelanggan, kontrol lalu lintas udara, transportasi udara, pemutusan prosedur perjalanan, dan pekerjaan administrasi. Kebijakan itu membuka jalan bagi Yasmeen untuk mewujudkan impiannya menjadi pilot komersial.



(boy)

loading...
Berita Terkait