Kesulitan Ekspor Ayam, Brasil Laporkan Indonesia ke WTO

Minggu, 16 Juni 2019 - 19:17 WIB
Kesulitan Ekspor Ayam, Brasil Laporkan Indonesia ke WTO
Peternakan ayam. (Foto: Ist)
A A A
SAO PAOLO - Pemerintah Brasil meminta Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk melakukan investigasi terhadap kebijakan impor ayam Indonesia. Permintaan ini menyusul ekspor ayam yang dipersulit.

Indonesia memutuskan untuk menyetop pasokan ayam dari Brasil karena dinilai tidak memenuhi syarat halal. Pada tahun lalu, tim dari Indonesia sudah memeriksa langsung ke pabrik-pabrik ayam di Brasil. Namun hingga saat ini, hasil dari pemeriksaan tersebut tak kunjung keluar.

"Aturah WTO menyatakan sebuah negara tidak bisa menunda penerbitan dokumen kebersihan dengan waktu yang tidak ditentukan," kata Menteri Pertanian Brasil, Tereza Cristina, dikutip dari Reuters, Minggu (16/6/2019).

Tereza mengatakan, Indonesia tidak menjelaskan alasan di balik keputusan untuk menunda hasil investigasi tersebut. Oleh karena itu, Brasil sebagai eksportir ayam terbesar dunia akan melaporkan Indonesia dalam pertemuan WTO pada 24 Juni.

Dia menilai, upaya mempersulit ayam Brasil masuk ke Indonesia tersebut telah melanggar aturan WTO. Pasalnya, pada 2017 Brasil telah memenangkan gugatan atas Indonesia terkait kasus serupa. Namun, Indonesia belum menerapkan aturan tersebut.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2770 seconds (0.1#10.140)