alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

5 Dampak Buruk Akibat Sering Minum Air Es

Sri S Syam
5 Dampak Buruk Akibat Sering Minum Air Es
Minum air es saat matahari terik memang sungguh nikmat, apalagi sambil menyantap hidangan yang menggugah selera. Foto : Ilustrasi/Istimewa

JAKARTA - Minum air es saat matahari terik memang sungguh nikmat, apalagi sambil menyantap hidangan pedas, berlemak yang menggugah selera.

Tapi, awas! jangan keseringan sebab kebiasan itu bisa mengganggu kesehatanmu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima dampak buruk sering minum air es.

1. Proses Pencernaan Melambat
Betapa menyegarkannya makan bakso dan minum dengan es teh mnis. Tapi ternyata lemak dari makanan berlemak seperti bakso dapat membeku ketika kita minum air es. Hal ini akan membuat dinding usus menebal dan menyempit sehingga penyerapan dan pencernaan menjadi tidak lancar.



2. Membuat Pusing
Masuknya air es ke tubuh membuat perubahan suhu dalam tubuh secara tiba-tiba. Jika tubuh tidak cepat beradaptasi maka suplai oksigen akan berkurang. Hal ini akan menyebabkan pusing.

3. Memperlambat Kinerja Jantung
Kita tidak bisa hidup jika jantung tidak berdetak. Keseringan minum air es membuat sistem rangsang saraf vagus menjadi terganggu, kemudian kinerja jantung menjadi melambat.

4. Memicu Radang Tenggorokan
Keseringan minum air es memicu lendir berlebih pada tenggorokan yang berimbas pada radang tenggorokan. Minum air dingin juga cepat membuat tenggorokan kita menjadi terasa kering dan mudah haus.

5. Beresiko Memicu Batu Ginjal
Sering minum es teh ketika makan tidaklah baik. Zat Oxalate dalam es teh yang kita minum sebagai teman makan akan meningkatkan resiko batu ginjal. Untuk mengatasinya bisa dengan menggantinya dengan minum jus lemon.



(boy)

loading...
Berita Terkait