alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Perangkat Desa dan Lurah Diminta Jadi Motivator Sadar Bayar PBB

Ricky Fernando Hutapea
Perangkat Desa dan Lurah Diminta Jadi Motivator Sadar Bayar PBB
Bupati Simalungun JR Saragih menyerahkan sertifikat kepada perangkat desa dan UPTD yang pencapaian PBB nya tinggi tahun 2018.Foto/Sindonews.com/Ricky Fernando Hutapea

SIMALUNGUN - Perangkat pemerintahan desa, kelurahan dan camat diminta menjadi motivator masyarakat untuk sadar membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Harapan itu disampaikan Bupati Simalungun JR Saragih saat memberikan bimbingan dan pengarahan kepada para camat, kepala desa dan lurah serta perangkatnya, di aula T Johan Garingging, Pamatang Raya, Jumat (14/6/2019).

JR mengatakan,kepala desa dan lurah merupakan perangkat pemerintah yang diteladani dan paling dekat dengan masyarakat, sehingga diyakini mampu memotivasi masyarakat untuk sadar membayar PBB sebagai salah sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang menjadi salah satu sumber anggaran pembangunan daerah. "Kepala desa dan lurah merupakan perangkat pemerintah yang dekat dan menjadi teladan masyarakat sehingga memiliki kemampuan memotivasi masyarakat membayar PBB sebelum jatuh tempo," ujar JR.



JR menambahkan, untuk membangun infrastruktur di wilayah pedesaan dan kelurahan dibutuhkan anggaran yang sangat besar. Karena itu, jelas dia, PBB dijadikan salah satu sumber dana pembangunan daerah.

Secara khusus JR juga mengapresiasi kinerja Badan Pendapatan Daerah Pemkab Simalungun, yang telah bekerja keras bersama kepala desa, lurah dan camat, sehingga realisasi PBB tahun 2018 mendekati target yang ditetapkan dari Rp26 miliar, terealisasi Rp 23,5 miliar.

Sebelumnya, Kepala Badan Pendapatan Daerah Pemkab Simalungun Mixnon Andreas Simamora mengatakan, tahun ini target PBB ditetapkan Rp29 miliar dan diharapkan bisa terealisasi di atas 90%. "Realisasi PBB tahun ini saya optimis bisa dicapai, tentunya harus dengan kerja keras para kepala desa, lurah dan camat," ujar Mixnon.

Pada acara itu kepala PT Pos Cabang Pematangsiantar Suprianto menyampaikan, bahwa outlet untuk pembayaran PBB dapat dibayar di seluruh kantor pos di Indonesia. Saat ini Pos Indonesia juga sedang mengembangkan aplikasi berbasis android yang dapat didownload melalui play store untuk memudahkan para wajib pajak melakukan pembayaran.

Bupati Simalungun JR Saragih pada acara itu juga memberikan sertifikat  dan bingkisan kepada kepala desa, lurah dan unit pelaksana tekhnis dinas (UPTD) yang pencapaian atau perolehan PBB nya tinggi dan melampaui target tahun 2018.



(boy)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif