300 Siswa Sekolah Polisi di Sukabumi Berstatus ODP Diisolasi

Rabu, 01 April 2020 - 19:54 WIB
300 Siswa Sekolah Polisi di Sukabumi Berstatus ODP Diisolasi
Polri terus memantau kondisi kesehatan 300 siswa Setukpa Sukabumi, Jawa Barat yang berstatus ODP. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 300 Siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Sukabumi, Jawa Barat dinyatakan positif berdasarkan hasil rapid test.

Sebanyak 300 siswa Setuka itu saat ini berstatus orang dalam pengawasan (ODP) dan telah diisolasi.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokkes) Polri Brigjen Pol Musyafak saat dihubungi wartawan, Rabu (1/4/2020).

“Hanya saja berdasar rapid test itulah orang kadang-kadang oh positif kadang belum tentu COVID-19. Walaupun demikian tetap saya tangani seperti halnya menangani orang dalam pengawaan (ODP) kasus pandemik COVID-19,” tutur Musyafak.

Dia menjelaskan, rapid test hanya memeriksa antibodi. Sementara Anti bodi tidak spesifik COVID-19.

Selama masa isolasi 14 hari di Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, Jawa Barat, 300 siswa tersebut terus dilakukan monitoring perkembangan kesehatanya dengan diberikab injeksi vitamin C.

“Dengan harapan 300 itu ada peningkatan imunitas atau kekebalan atau daya tahan tubuh meningkat seadainya kalau itu memang ada infeksi virus. Tapi kan enggak bisa dikatakan COVID-19,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan, 1.200 siswa Setukpa lainya yang dinyatakan negatif rapid test telah dipulangkan ke daerah asal masing-masing, namun tetap diwajibkan untuk isolasi mandiri di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda daerahnya dengan pengawasan.

“pengawasan. (Yang negatif) melaksanakan cuti dan mereka tetap menjalankan isolasi mandiri yang dilaksanakan di SPN Jajaran selama 14 hari ke depan,” tutur Argo.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0517 seconds (0.1#10.140)