Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Jokowi: Kalau Diperlukan Perppu, Kita Akan Buatkan

Kamis, 13 Juni 2019 - 16:02 WIB
Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Jokowi: Kalau Diperlukan Perppu, Kita Akan Buatkan
Presiden Joko Widodo (tengah) saat bertemu dengan jajaran pengurus Apindo dan Hippindo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/6/2019). (Foto: Ant)
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang asosiasi pengusaha dalam dua hari terakhir. Langkah ini dilakukan untuk mencari masukan guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dalam pertemuan kali ini, Jokowi mengundang pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo). Kemarin, pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) yang diundang.

Dalam kesempatan ini, Jokowi meminta pengurus Apindo dan Hippindo untuk memberikan masukan yang konkret, nyata, dan cepat untuk bisa dilaksanakan. Dia juga kembali menegaskan posisinya yang tidak lagi memiliki beban untuk membuat kebijakan.

"Saya ngomong apa adanya karena saya sudah enggak ada beban apa-apa. Tolong gunakan kesempatan ini sehingga terobosan-terobosan yang ingin kita lakukan itu betul-betul sebuah terobosan yang memberikan efek tendangan yang kuat bagi ekonomi kita,” tegas Jokowi, Kamis (13/6/2019).

Masukan-masukan itu, kata dia, nantinya akan diserap dan dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam regulasi. Saat ini, pemerintah sedang merombak regulasi, termasuk Undang-Undang (UU) bahkan tidak tertutup kemungkinan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu).

“Ya memang kalau itu diperlukan sekali dan memang karena posisinya sangat penting dan diperlukan ya kita akan buatkan (Perppu)," tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, fokus pemerintah dalam lima tahun ke depan ada pada dunia usaha. Dia ingin investasi bisa digenjot karena Indonesia sudah ketinggalan dengan negara-negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam.

“Jangan sampai, saya sering saya sampaikan dimana-mana, kalah nanti juga dengan Kamboja, kalah dengan Laos. Enggaklah, kita ini negara besar yang memiliki kekuatan sumber daya alam, memiliki kekuatan sumber daya manusia yang saya kira ini menjadi sebuah modal besar ke depan," ujar dia.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3575 seconds (0.1#10.140)