Pemerintah Segera Putuskan Larangan Mudik Lebaran 2020

Selasa, 31 Maret 2020 - 20:20 WIB
Pemerintah Segera Putuskan Larangan Mudik Lebaran 2020
Keputusan mengenai pelarangan mudik Lebaran akan segera ditetapkan oleh pemerintah. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menyampaikan bahwa pemerintah akan segera memutuskan kebijakan mengenai mudik Lebaran 2020 terkait wabah virus corona (Covid-19).

Luhut menambahkan, pemerintah masih melakukan kajian untuk pelarangan mudik dengan metode penutupan batas provinsi. Hal itu dikarenakan pemerintah tidak ingin akses logistik dan lainnya menjadi terhambat.

"Karena jangan sampai nanti logistik mati, kita enggak mau juga, atau ambulans enggak jalan. Sedang dikaji oleh perhubungan, kita nanti akan sarankan mana-mana supaya yang penting yang saya katakan tadi semua bisa lancar, tapi social distancing jalan, orang yang tidak kerja juga bisa masih hidup dengan bantuan pemerintah," ucap Luhut dalam video rilis, Selasa (31/3/2020).

Dia mengataka pemerintah telah menyusun format pelarangan mudik untuk nantinya diterapkan. Namun, menurutnya hal itu tidak bisa diterapkan di seluruh wilayah karena masih ada wilayah yang warganya belum terkena infeksi virus corona.

"Ya saya kira nanti per daerah ya, jadi tidak serta merta, ada daerah yang sama sekali belum tentu mereka juga punya pola sendiri, tapi Jakarta ini kan epicentrum ya tapi kemarin kita liat dua minggu kerja dari rumah atau lebih dampaknya itu lumayan menghentikan penyebaran lebih besar lagi," tandasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3625 seconds (0.1#10.140)