Bupati Batubara Persiapkan Antisipasi Covid-19

Selasa, 31 Maret 2020 - 17:41 WIB
Bupati Batubara Persiapkan Antisipasi Covid-19
Bupati Batubara Zahir telah menginstruksikan jajarannya hingga tingkat desa dan kelurahan untuk menguatkan segala upaya guna mencegah merebaknya virus yang sangat mematikan itu. Foto/SINDOnews. Fadly Pelka
A A A
BATUBARA - Ditengah merebaknya penyebaran Covid 19 serta meningkatnya Orang Dalam Pemantauan (OPD) menjadi 134 orang, Pemerintah Kabupaten Batu Bara beserta jajaran bekerja ekstra keras.

Bupati Batubara Zahir telah menginstruksikan jajarannya hingga tingkat desa dan kelurahan untuk menguatkan segala upaya guna mencegah merebaknya virus yang sangat mematikan itu.

Pendistribusian masker, disinfektan, membentuk Call Center, menunjuk seluruh Puskesmas dan RSUD Batubara untuk siaga 24 jam hingga mempersiapkan ruang isolasi telah dilakukan Pemkab Batubara.

Pada sidaknya di RSUD Batubara, Selasa (31/3/20), Bupati Zahir menyatakan, Batubara dalam kondisi risiko tinggi terhadap penyebaran Covid 19. Bahkan diakuinya, tanpa menyebut jumlah ODP sebelumnya, telah terjadi peningkatan cepat ODP di Batu Bara menjadi 134 orang.

Risiko tinggi tersebut, menurut Bupati tidak terlepas dari panjangnya garis pantai dan banyaknya pelabuhan tikus di Kabupaten Batubara yang berpotensi sebagai tempat masuknya Covid-19.

Meminimalkan penyebaran Covid-19, Bupati telah menginstruksikan seluruh jajarannya untuk memantau dan mendata warga yang baru pulang dari luar negeri maupun daerah yang terjangkit Covid 19.

Di RSUD Batubara, didampingi Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis, Kadis Kesehatan drg. Wahid Khusairy, serta Direktur RSUD Batubara dr. Jhon Liihar Purba, Bupati melihat ruang isolasi yang disiapkan untuk mengantisipasi munculnya PDP.

"Mereka perlu perawatan, kita tidak mau ada yang meningal. Kita harus siapkan fasilitas, tidak perlu ada korban. Kita memang memiliki keterbatasan anggaran seperti membuat dapur umum. Mereka juga butuh informasi, AC, TV", ujar Bupati.

Dengan seksama Bupati memeriksa seluruh ruangan dan menginstruksikan Direktur RSUD mempersiapkan kelengkapan RSUD Batubara.

"Belanja hari ini, jangan ada tunda tunda," tegas Bupati kepada Direktur RSUD Batubara.

Bupati juga minta agar Direktur RSUD menjaga keamanan petugas kesehatan dan menyerahkan APD (Alat Perlengkapan Diri) isolasi.

"Yang penting kita punya ruang isolasi," pungkas Zahir.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 7.5150 seconds (0.1#10.140)