alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Trump: 1.000 Lebih Pasukan AS Segera Dikirim ke Polandia

Berlianto
Trump: 1.000 Lebih Pasukan AS Segera Dikirim ke Polandia
Presiden Donald Trump akan mengirim 1.000 lebih pasukan AS ke Polandia. Foto/Ilustrasi/Sindonews/Ian

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan kerja sama pertahanan yang baru dengan pemerintah Polandia.

Ia mengatakan akan mengirim 1.000 lebih tentara AS ke negara itu sebagai bagian dari "kemitraan strategis." Trump mengatakan Polandia akan menyediakan pangkalan dan infrastruktur untuk mendukung kehadiran sekitar 1.000 lebih pasukan AS di negara itu. "Pemerintah Polandia akan membangun proyek-proyek ini tanpa biaya dari Amerika Serikat," kata Trump saat konferensi pers bersama Presiden Polandia Andrzej Duda di Kebun Mawar Gedung Putih.

"Pemerintah Polandia akan membayar untuk itu," imbuhnya seperti dikutip dari Fox News, Kamis (13/6/2019).



Beberapa saat sebelumnya, Trump mengatakan telah menempatkan puluhan ribu pasukan di Jerman untuk yang sangat lama dan ia mungkin memindahkan sejumlah personil ke Polandia. "Jika kami setuju untuk melakukan hal itu," Trump menekankan.

Dalam kesempatan yang sama, Trump mengaku sangat senang karena Polandia mengumumkan niatnya untuk membeli 32 pesawat tempur F-35 buatan AS. Untuk menghormati keinginan Polandia itu, satu F-35 terbang melintasi Gedung Putih. "Beberapa saat yang lalu kita menyaksikan penerbangan yang mengesankan dari F-35 saat terbang di atas Gedung Putih," ujar Trump.

Para pemimpin Polandia telah melobi pemerintah AS untuk mendapatkan pasukan tambahan selama berbulan-bulan dan berharap mempunyai pangkalan permanen militer AS yang diberi nama Fort Trump. Negara di Eropa Timur itu telah meminta AS dan NATO untuk perlindungan yang lebih besar. Mereka menyimpan kekhawatiran akan menjadi target berikutnya dari gerak laju militer Rusia.



(boy)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif