Corona hingga Puasa dan Lebaran, IPW: Akan Muncul Masalah yang Sangat Serius

Senin, 30 Maret 2020 - 07:42 WIB
Corona hingga Puasa dan Lebaran, IPW: Akan Muncul Masalah yang Sangat Serius
Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane .(Foto/SINDOnews/Dok)
A A A
JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane menilai situasi saat ini masih terkendali. Tapi jika wabah Covid 19 terus berkepanjangan hingga puasa dan Idul Fitri dikhawatirkan akan muncul masalah yang sangat serius.

Dalam pesan tertulisnya yang diterima Senin (30/3/2020) Neta menyebutkan disaat dua moment itu kebutuhan masyarakat meningkat dan tuntutan tunjangan hari raya (THR) akan muncul.

"Sementara industri menerapkan stay at home, ini tentu akan menjadi masalah tersendiri. Ini sebuah situasi yang sangat perlu diperhatikan pemerintah," kata dia.

Untuk itu Presiden Jokowi jangan terkecoh dgn desakan-desakan lawan politiknya, seperti desakan segera lakukan lockdwon. Sebab jika tidak hati- hati lockdown bisa menimbulkan masalah baru, bahkan lebih parah dari India.

"Indonesia pernah punya pengalaman penjarahan massal di era 1998. Dalam situasi lockdown, jika tidak hati-hati bisa menimbulkan kesulitan bahan makanan dan kelaparan di lapisan bawah, terutama masyarakat pekerja harian dan serabutan. Bisa bisa yang muncul aksi penjarahan yang tidak hanya ke toko-toko tapi juga ke rumah orang-orang kaya," sebutnya.

Sekarang saja, kata dia, para pekerja harian sudah mengeluh tdak ada order. Bagi mereka yang tidak ada order artinya tidak ada yang bisa dimakan.

"Bayangkan jika mereka kelaparan, tidak hanya angka kriminal yang meningkat tapi bisa bisa penjarahan dan penyerbuan ke sumber makanan akan terjadi. Situasi ini yg perlu dicermati pemerintah," pungkasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0823 seconds (0.1#10.140)