alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubsu Bangga SMKN 1 Pagaran Taput Hasilkan Pertanian Unggulan

Zailani
Gubsu Bangga SMKN 1 Pagaran Taput Hasilkan Pertanian Unggulan
Gubsu Edy Rahmayadi meninjau meninjau kebun milik SMKN 1 Pagaran di Jalan Simamora, Desa Doloksaribu, Kecamatan Pagaran, Kabupaten Tapanuli Utara, Rabu (12/6/2019).(Foto/SINDOnews)

TAPANULI UTARA - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berkunjung ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pagaran, sekaligus meninjau kebun sekolah di Desa Doloksaribu, Kecamatan Pagaran, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Rabu (12/6/2019).

Edy berharap sudah sepatunya SMK menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat petani di Desa Doloksaribu.

Didampingi Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat dan Kepala Sekolah SMKN 1 Pagaran Josafat Pasaribu, Edy menelusuri kebun sekolah seluas 2400 meter. Lahan kebun merupakan hibah dari tokoh masyarakat setempat. Diharapkan ke depan, tanaman tidak lagi menggunakan pupuk kimia, tetapi menggunakan pupuk organik saja.



"Mulai sekarang beralih ke organik ya, mudah-mudahan nanti baik untuk tubuh kita kalau dikelola secara organic,” ungkap Edy didampingi istri Nawal Lubis.

Dikatakan Edy, Sumut merupakan provinsi yang berbasis agraris. Untuk itu, sektor pertanian merupakan salah satu prioritas utama yang ingin dikembangkan dirinya bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

"Salah satu caranya ya lewat SMK, khususnya SMK dengan program pertanian seperti ini. Lulusannya nanti mampu menghasilkan inovasi dan produk unggulan pertanian, dan bisa pula merangkul petani di sekitar sekolah," katanya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Pagaran Josafat Pasaribu menuturkan, sekolah yang dipimpinnya memiliki tiga program keahlian, yakni agribisnis tanaman, agribisnis ternak, serta teknik komputer dan informatika.

SMKN 1 berhasil menghasilkan beragam sayuran, umbi-umbian, dan buah-buahan. Sedangkan ternak, yakni spesies unggas dan produk olahan unggas seperti bakso.

"Kita tadi banyak memperoleh arahan dan bimbingan dari Gubernur. Kita merasa sangat diapresiasi dan didukung, mudah-mudahan ke depan kami bisa wujudkan harapan Bapak Gubernur, menghasilakan produk unggul dan bisa merangkul petani sekitar," harapnya.



(zys)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif