alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

571 Spesies Tanaman Punah dalam 250 Tahun Terakhir

KORAN SINDO
571 Spesies Tanaman Punah dalam 250 Tahun Terakhir
571 Spesies Tanaman Punah dalam 250 Tahun. (Reuters).

LONDON - Sebanyak 571 spesies tanaman dinyatakan punah dari alam liar dalam 250 tahun terakhir. Jumlah tersebut berdasarkan data kepunahan sebenarnya dan bukan perkiraan.

Menurut hasil studi komprehensif itu, jumlah kepunahan itu dua kali lipat di bandingkan total semua burung, mamalia, dan amfibi yang punah. Para pakar menyatakan kepunahan tanaman itu terjadi 500 kali lebih cepat dibandingkan jika terjadi secara alami. Riset yang dirilis di jurnal Nature, Ecology, & Evolution itu me nyatakan kepunahan binatang terjadi 1.000 kali lebih cepat dibandingkan tingkat normal kepunahan.

Meski demikian, laporan itu menyatakan para peneliti yakin tingkat kepunahan tanaman itu telah diabaikan. Para peneliti dari The Royal Botanic Gardens, Kew, and Stockholm University menyatakan ini pertama kali para pakar menggabungkan studi global tentang tanaman yang telah punah.



“Sebagian besar orang dapat menyebut nama mamalia atau burung yang telah punah dalam beberapa abad terakhir, tapi sedikit yang bisa menyebut tanaman yang punah,” tutur salah satu penulis laporan itu, Aleys Humphreys, dilansir CNN.

Studi menyatakan peningkatan kepunahan tanaman itu bisa karena hilangnya habitat spesies itu di wilayah geografis yang kecil. Beberapa contoh tanaman yang telah punah dalam dua abad terakhir adalah kayu cendara Cile dan trinitas berpita yang tak berdaun.

“Tanaman-tanaman menopang semua kehidupan di bumi, mereka menyediakan oksigen yang kita hirup dan makanan yang kita makan, serta menjadi tulang punggung dalam ekosistem dunia. Jadi kepunahan tanaman menjadi kabar buruk bagi semua spesies,” tutur salah satu penulis studi Eimear Nic Lughadha.

Dia menambahkan, “Jutaan spesies lainnya tergantung pada tanaman untuk bertahan hidup, termasuk manusia.”

Meski demikian, ada satu kabar positif dari laporan itu bahwa 430 spesies yang pernah dianggap punah telah ditemukan kembali. Namun, para peneliti menegaskan bahwa 90% spesies tanaman yang dapat ditemukan lagi itu memiliki risiko tinggi kepunahan.



(boy)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif