alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jojo Hadang Raja BWF World Tour, Hendra/Ahsan Goyang Duo Jepang

Andryanto Wisnuwidodo
Jojo Hadang Raja BWF World Tour, Hendra/Ahsan Goyang Duo Jepang
Jojo Ancam Raja BWF World Tour, Hendra/Ahsan Goyang Duet Jepang/BWF

KUALA LUMPUR - Pebulu tangkis Indonesia Jonatan Christie (Jojo) mengancam takhta Raja World Tour Super Viktor Axelsen dari Denmark.

Jojo kini menempel Viktor di posisi kedua dalam daftar Rangking World Tour Super per 11 Juni 2019. Sukses dua kali beruntun menjuarai Turnamen BWF World Tour Super 300 menjadi pendongkrak peringkat Jojo. Dengan tambahan 7.000 poin dari menjuarai Australian Open, Jojo mengoleksi nilai 44.310 poin.

Minggu (9/6), Jojo meraih juara Australian Open mengalahkan rekan senegaranya, Anthony Sinisuka Ginting di final. Anthony pun menguntit di posisi kelima dengan mengumpulkan 38.240 poin. Masuknya Jojo dan Anthony dalam Top 5 Rangking World Tour akan mengamankan peluang kedua tunggal putra terbaik Indonesia itu untuk lolos ke putaran final World Tour di Guangzgou, China, akhir Desember 2019.



Tidak hanya di tunggal putra, Indonesia juga memiliki ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang saat ini berada di rangking dua World Tour Super. Koleksi juara All England dan New Zealand Open membuat Ahsan/Hendra menggoyang peringkat pertama ganda putra dari Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Hendra/Ahsan di posisi kedua dengan menabung 51.950 poin. Nilai Hendra/Ahsan hanya terpaut 1.880 dari Takeshi/Sonoda. Indonesia masih punya dua ganda putra yang masuk Top 10. Ganda Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertahan di Top 6 dengan memiliki nilai 38.450 poin. Satu ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tercecer di Top 10 dengan perolehan 33.870 poin.

Duet peringkat pertama Rangking BWF itu masih bisa menyodok ke Top 8 agar bisa lolos ke HSBC World Tour Finals.Syaratnya, Marcus/Kevin kembali ke jalur juara di 14 turnamen sisa hingga final World Tour. Di ganda putri, tampaknya hanya Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang secara realistis bakal lolos ke putaran final. Duet juara India Open 2019 itu aman di posisi Top 5 dengan 43.090 poin.

Di nomor ganda campuran, ada tiga pasangan yang berada dalam Top 10. Finalis Australian Open, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti memiliki rangking tertinggi di Top 3 dengan mengemas 44.670 poin. Duet Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja mengekor di belakangnya dengan nilai 42.060 poin. Ganda muda Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari bertahan di Top 10.

Bagaimana tunggal putri? Hanya satu tunggal putri Indonesia yang masih bertahan di Top 9. Fitriani menjaga peluang dengan menempati Sembilan besar dengan mengumpulkan 32.000 poin. Dengan sisa 14 Turnamen World Tour Super hingga akhir Desember, apa pun bisa terjadi. Seluruh wakil Indonesia yang saat ini berada di Top 8 diharapkan bisa terus menambah banyak poin agar lolos ke putaran final BWF World Tour di China.



(boy)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif