Rusia Cegat Pesawat Pengintai AS dan Swedia di Laut Baltik

Selasa, 11 Juni 2019 - 18:20 WIB
Rusia Cegat Pesawat Pengintai AS dan Swedia di Laut Baltik
Jet tempur Su-27 mencegat dua pesawat pengintai Angkatan Bersenjata AS dan Angkatan Bersenjata Swedia yang mendekati perbatasan Rusia di atas Laut Baltik.(Foto/Istimewa)
A A A
MOSKOW - Rusia Cegat Pesawat Pengintai AS dan Swedia di Laut Baltik

Kementerian Pertahanan Rusia menuturkan, jet tempur Su-27 mencegat dua pesawat pengintai Angkatan Bersenjata AS dan Angkatan Bersenjata Swedia yang mendekati perbatasan Rusia di atas Laut Baltik.

"Pada tanggal 10 Juni, dua target mendekati perbatasan Rusia di atas perairan netral di Laut Baltik," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (11/6).

"Awak jet Rusia mendekati sasaran udara pada jarak yang aman dan mengidentifikasi mereka sebagai pesawat pengintai RC-135 miliki Angkatan Bersenjata AS dan pesawat pengintaian Gulfstream Angkatan Bersenjata Swedia," sambungnya.

Dalam pernyataannya, kementerian itu kemudian mengatakan, pilot Su-27 menandai kedua pesawat untuk mencegah mereka menerbos perbatasan Rusia. "Su-27 mematuhi peraturan internasional tentang penggunaan ruang udara dan mengikuti prosedur keselamatan," ungkapnya.

Tahun lalu telah terlihat 3.000 pesawat tempur asing, termasuk sekitar 1.000 pesawat mata-mata, terbang di dekat perbatasan laut dan darat Rusia.

Moskow telah berulang kali mengutuk penumpukan militer asing di dekat perbatasan Rusia. Mereka memperingatkan bahwa langkah-langkah agresif dapat memprovokasi eskalasi menjadi konfrontasi militer penuh.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8817 seconds (0.1#10.140)