Arus Balik Angkutan Penyeberangan di Danau Toba Berjalan Lancar

Selasa, 11 Juni 2019 - 13:52 WIB
Arus Balik Angkutan Penyeberangan di Danau Toba Berjalan Lancar
Pelayanan arus balik angkutan penyeberangan dari daerah sekitar Danau Toba, Provinsi Sumut seperti Pulau Samosir menuju ke Danau Toba dilaporkan berjalan dengan lancar. Foto/SINDOnews/M Andi Yusri
A A A
DANAU TOBA - Pelayanan Arus Balik angkutan penyeberangan dari daerah sekitar Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) seperti Pulau Samosir menuju ke Danau Toba dilaporkan berjalan dengan lancar.

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi, Umar Aris mengatakan puncak arus balik angkutan penyeberangan di kawasan Danau Toba terjadi pada Sabtu (8/6/2019) atau H+2. "Secara visual keseluruhan penyeberangan pada Minggu (9/6/2019), relatif menurun, sehingga dipastikan bahwa puncak arus balik di penyeberangan kawasan Danau Toba sudah terjadi pada Sabtu (8/6/2019)," jelasnya kepada SINDOnews, Selasa (11/6/2019).

Ketua tim Pemantauan Transportasi Penyeberangan di Danau Toba ini menjelaskan arus balik angkutan penyeberangan di Danau Toba berasal dari Pulau Samosir dan sekitarnya. Seperti di Pelabuhan Simanindo pada Minggu (9/6/2019) melayani sebanyak 17 trip penyeberangan ke Danau Toba dari pagi hingga malam pukul 20.05 WIB. Kemudian dari Pelabuhan Ambarita melayani sebanyak 5 trip dari pagi hingga pukul 20.10 WIB. Sedangkan dari Pelabuhan Tomok melayani sebanyak 9 trip dari pagi hingga pukul 20.45 WIB.

Dikatakan Umar, pihaknya telah melakukan pengawasan untuk memastikan manifest penumpang yang sesuai, jumlah manifest tidak melebihi kapasitas yang ditentukan, mengecek kelengkapan surat atau buku pelaut Nakhoda dan awak kapal serta memastikan adanya alat-alat keselamatan seperti pelampung. "Selain itu juga memastikan operator kapal telah mematuhi aturan untuk tidak berlayar jika cuaca tidak bersahabat," pungkasnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5592 seconds (0.1#10.140)