Cegah Penyebaran Covid-19, Angkot Batubara Disemprot Disinfektan

Selasa, 24 Maret 2020 - 13:07 WIB
Cegah Penyebaran Covid-19, Angkot Batubara Disemprot Disinfektan
Dishub Batu Bara lakukan penyemprotan disinfektan terhadap angkutan umum, Selasa (24/3/2020). Foto/SINDOnews. Fadly Pelka
A A A
BATUBARA - Guna antisipasi penyebaran virus covid 19 di angkutan umum, Dinas Perhubungan (Dishub) Batubara sebagai satuan gugus tugas bidang perhubungan di Kabupaten Batubara melakukan penyemprotan disinfektan di terminal pembantu tipe C Sei Bejangkar Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batubara.

Upaya tersebut untuk memastikan Virus Corona agar tidak menyebar melalui terminal sekaligus mengimbau masyarakat untuk menghindari bepergian dan tetap dirumah.

“Hari ini kita melakukan penyemprotan di beberapa tempat seperti, 6 Tempat Pendaratan Ikan yang aktif di Batu Bara, terminal pembantu, Pasar Pagi dan Kantor Dishub," sebut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batubara Jonnis Marpaung kepada wartawan, Selasa (24/3/2020).

Dijelaskan, penyemprotan juga dilakukan di titik-titik tempat berkumpulnya penumpang, bus angkutan, toilet, tempat parkir hingga tempat naiknya penumpang ke bus. Selain penyemprotan desinfektan, juga disediakan tempat cuci tangan dengan sabun, serta cairan hand sanitizer.

“Penumpang juga diwajibkan membasuh tangan dengan sabun atau menggunakan cairan pembersih tangan. Bus juga disemprot desinfektan sebelum berangkat, meliputi bagian bagasi atas, tempat pegangan penumpang, bagian pegangan pintu bus, tempat duduk dan seluruh bagian dalam bus,” jelasnya.

Selain penyemprotan di tempat-tempat itu, juga diberikan brosur layanan kesehatan penangkal virus covid-29 dan pemberian masker.

"Pada kegiatan ini kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan sesuai arahan Bupati Batubara Zahir, tentang pelaksanaan SOP penanggulangan Covid-19 bidang perhubungan sesuai dengan kewenangannya. Sehingga ruang gerak penyeberan virus ini bisa kita tekan,” tambah Jonnis Marpaung.

Segala bentuk yang dilakukan Pemkab Batu Bara dalam penanganan penanggulangan virus Corona Covid-19, disebutkan Jonnis untuk memberikan rasa aman dan tenang, serta menghilangkan kepanikan kepada seluruh masyarakat.

"Yang penting lagi, masyarakat diimbau tidak melakukan perjalanan bila tidak sangat urgen dan sangat penting untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 ini,” ujarnya.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6470 seconds (0.1#10.140)