Jumlah Penumpang di Bandara Silangit Meningkat Tajam

Senin, 10 Juni 2019 - 13:47 WIB
Jumlah Penumpang di Bandara Silangit Meningkat Tajam
Jumlah penumpang di Bandara Internasional Silangit, Kabupaten Taput mengalami peningkatan yang signifikan dalam mengembangkan potensi pariwisata Danau Toba, Sumut. Foto/SINDOnews/M Andi Yusri
A A A
TAPANULI UTARA - Jumlah penumpang di Bandara Internasional Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mengalami peningkatan signifikan dalam mengembangkan potensi pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata, Dessy Ruhati mengatakan jumlah penumpang pesawat di Bandara Silangit tercatat terus tumbuh signifikan setiap tahun. Pada 2016 pergerakan penumpang tercatat 155.214 orang, lalu naik 82% pada 2017 menjadi 282.586 orang. Kemudian pada 2018 pergerakan penumpang tercatat 425.476 orang atau naik 50,56% dibandingkan dengan 2017.

"Bandara Silangit ini akses utama bagi wisatawan yang masuk ke Danau Toba. Kawasan ini akan terus tumbuh menjanjikan di masa mendatang. Bandara Selangit tentu jadi investasi terbaik sebagai pintu gerbang masuknya wisatawan," terangnya kepada SINDOnews, Senin (10/6/2019).

Sebelumnya, Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya juga yakin perkembangan pariwisata Danau Toba semakin berkembang. Dengan begitu, semakin mendorong perekonomian masyarakat dari kepariwisataan.

"Pengembang infrastruktur dampaknya tentu akan besar sekali bagi pariwisata. Contohnya di Danau Toba yang terus didorong. Saat ini jumlah pengunjung di Bandara Silangit tercatat 420 ribu. Padahal terminalnya di disain untuk menampung 500 ribu pengunjung," katanya.

Dia berharap akan terus ada dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkan target-target pada sektor pariwisata. "Termasuk harapan kita semua agar ada penerbangan langsung lebih banyak ke Danau Toba. Saat ini telah ada dari Kuala Lumpur dan Singapura. Kami berharap dalam waktu dekat akan ada dari China dan India," tambah mantan Dirut Telkom itu.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3189 seconds (0.1#10.140)