Hamilton Juara GP Kanada 2019, Benarkah Sebastian Vettel Dicurangi?

Senin, 10 Juni 2019 - 09:57 WIB
Hamilton Juara GP Kanada 2019, Benarkah Sebastian Vettel Dicurangi?
Kejadian menarik saat Formula 1 di grand prix (GP) Kanada. Vettel jadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis, tetapi Hamilton yang keluar sebagai juara.
A A A
MONREAL - Kejadian tak terduga dan menarik muncul saat race ke-7 Formula 1 di grand prix (GP) Kanada 2019.

Sebastian Vettel jadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis, tetapi Lewis Hamilton yang keluar sebagai juara. Hamilton, pembalap Mercedes, yang finis dibelakang Vettel (Ferrari) dinyatakan keluar sebagai pemenang lomba lantaran sebuah insiden terjadi di tengah balapan. Tepatnya ketika race memasuki lap ke-58, Vettel diganjar penalti lima detik karena dianggap melakukan manuver berbahaya.

Pada saat itu, Vettel yang sedang memimpin perlombaan di Sirkuit Gilles Villeneuve, Monreal, Senin (10/6/2019) terlibat duel dengan Hamilton yang berada di belakangnya. Lewat saluran radio tim, panitia GP Kanada mengumumkan bahwa Vettel terkena penalti lima detik.

Kru dari tim balap Ferrari menanggapi pengumuman penalti tersebut dengan kesal lantaran menganggap Vettel tidak melakukan manuver berbahaya. Vettel lalu mememinta kru Ferrari tenang. "Tetap fokus saja," kata Vettel lewat komunikasi radio di mobilnya.

Pembalap asal Jerman itu berhasil mempertahankan posisi pemimpin balapan hingga perombaan tuntas 70 putaran. Tapi, Hamilton dinyatakan keluar sebagai juara.

"Sebastian Vettel finis pertama tetapi penalti 5 detik sebelumnya membuat dia turun ke urutan kedua dengan rekan setimnya di Ferrari Charles Leclerc mengambil podium terakhir," demikian keputusan resmi Formula 1 yang diumumkan sesaat setelah perlombaan.

Setelah balapan, Hamilton mendapat cemooh dari sejumlah penonton yang merasa ia menang lomba tidak dengan cara terhormat. Suasana di podium juga tidak semeriah biasanya. Vettel kemudian menanggapi kondisi tersebut.

"Lewis Hamilton hari ini cepat, tapi saya bisa menahannya. Tanyakan kepada penonton, apa yang mereka pikirkan tentang balapan tadi," kata Vettel.

Terlepas dari anggapan curang itu, Hamilton kini mengoleksi lima gelar juara seri balap musim ini. Sebelumnya, pembalap Mercedes asal Inggris itu memenangkan seri Monaco, Barcelona, China, dan Bahrain.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.3501 seconds (0.1#10.140)