alexametrics
TOPIK TERPOPULER

NASA Gratiskan Lisensi Ventilator Bagi Negara yang Membutuhkan

Intan Rakhmayanti Dewi
NASA Gratiskan Lisensi Ventilator Bagi Negara yang Membutuhkan
NASA Ciptakan ventilator. FOTO/ Ist

NEW YORK - Peralatan medis yang saat ini paling dibutuhkan di masa pandemi COVID-19 adalah ventilator.Kabar baiknya, Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) melisensikan desain ventilator mereka secara gratis.

Artinya perusahaan bisa mulai memproduksinya tanpa harus membuang waktu atau sumebr daya untuk meneliti desain.

Sekedar informasi, NASA baru-baru ini telah mengembangkan ventilator versi mereka sendiri. (BACA JUGA: Beli Ponsel dan Laptop di Luar Negeri, Warga Diminta Daftarkan IMEI)



Para engineer dari Jet Propulsion Lab NASA telah berkumpul untuk membantu menciptakan desain ventilator. Dijuluki Ventilator Intervention Technology Accessible Locally (VITAL), desain ventilator telah disetujui FDA (Food and Drug Administration).

Karena sudah mendapat persetujuan dari FDA, maka perusahaan bisa mulai membuat ventilator dan memberikan kepada rumah sakit.

“Sekarang kami memiliki desain, kami bekerja untuk menyerahkan tongkat estafet kepada komunitas medis dan pada akhirnya pasien secepat mungkin. Untuk itu, kami menawarkan desain untuk lisensi bebas royalti selama pandemi,” kata Chief Innovation and Corporate Partnerships Officer di Caltech Fred Farina yang dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (2/5/2020).

VITAL telah sukses diuji pada simulator pasien manusia dengan ketepatan tinggi di Fakultas Kedokteran Ichan di Gunung Sinai.

Menurut NASA salah satu manfaat dari desain ini adalah menggunakan bagian yang lebih sedikit dibandingkan dengan ventilator tradisional dan dapat juga dimodifikasi untuk digunakan di rumah sakit lapangan.

Kendati demikian, VITAL tidak dirancang untuk menggantikan ventilator yang ada saat ini karena NASA hanya membuatnya bertahan 3-4 bulan saja.

Namun mengingat saat ini sedang dalam keadaan darurat, tentu ventilator ini akan sangat berguna.



(vit)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak