Banjir di Sultra Meluas, 1 Warga Tewas Ribuan Rumah Terendam Air

Minggu, 09 Juni 2019 - 22:38 WIB
Banjir di Sultra Meluas, 1 Warga Tewas Ribuan Rumah Terendam Air
Banjir menerjang Kabupaten Konawe Utara dan Kabupaten Bungku, Sulawesi Tenggara (Sultra) meluas merendam ribuan rumah dan satu orang tewas.(Foto iNews TV/Rahmat B)
A A A
KONAWE UTARA - Banjir yang menerjang Kabupaten Konawe Utara dan Kabupaten Bungku, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus meluas hingga melanda tujuh kabupaten/kota, Minggu sore (9/6/2019). Dimana ribuan rumah terendam banjir dan satu orang tewas dalam bencana alam tersebut. Bahkan banjir ini mengepung sejumlah daerah akibatnya menyulitkan tim SAR gabungan dalam mengevakuasi warga.

Banjir ini juga dilaporkan telah membuat beberapa jembatan penghubung putus dan mengakibatkan Jalur Lintas Trans Sulawesi lumpuh. Selain itu salah satu rumah warga yang terbawa derasnya arus bencana banjir di Kabupaten Konawe .

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara Boy Ihwansyah mengatakan, perkampungan yang sebelumnya nampak asri terlihat seperti lautan tanpa ada bangunan.

“Intensitas hujan yang terus meningkat dalam sepekan terakhir menyebabkan tujuh kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara terendam banjir. Bencana alam yang merendam ribuan rumah ini menewaskan satu orang warga bernama Usman warga Desa Ulumeraka, Kecamatan Onembute, Konawe akibat terseret arus, Minggu (9/6/2019),” kata dia.

Akibat keterbatasan peralatan penunjang, kata dia, Tim SAR, BPBD, Tagana, TNI dan Polri kesulitan melakukan evakuasi korban banjir terparah di sejumlah kabupaten. ”Kita terus melakukan evakuasi korban bencana di tujuh kabupaten/kota,” tandasnya.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0041 seconds (0.1#10.140)