Sinabung Kembali Erupsi, Ketinggian Kolom Abu Capai 7.000 Meter

Minggu, 09 Juni 2019 - 18:43 WIB
Sinabung Kembali Erupsi, Ketinggian Kolom Abu Capai 7.000 Meter
Visual Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut, pascaerupsi, Minggu (9/6/2018). (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)
A A A
TANAH KARO - Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali, Minggu (9/6/2019), pukul 16.28 WIB.

Ketinggian kolom abu mencapai sekitar 7.000 meter dari puncak gunung atau 9.460 meter dari atas permukaan laut.

Bagi masyarakat yang tinggal di hulu Sungai Lau Borus untuk tetap waspada, mengingat potensi banjir lahar dingin masih mengintai masyarakat.

Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung Armen Putra mengatakan, saat erupsi, Gunung Sinabung teramati mengeluarkan kolom abu berwarna hitam dengan intensitas yang tebal condong menuju Selatan.

“Durasi erupsi terpantau selama 9 menit 17 detik dengan amplitudo maksimal 120 mm sebagaimana terekam di seismograf,” kata Armen Putra.

Sinabung juga meluncurkan awan panas dan mengeluarkan suara gemuruh yang cukup besar. Awan panas meluncur ke arah Tenggara sejauh 3,5 kilometer (km) dan ke arah Selatan sejauh 3 km. “Terdengar suara gemuruh hingga ke Pos Pengamatan Gunung Sinabung,” ujar Armen.

Erupsi ini, sambung Armen akan menyebabkan hujan abu di daerah sekitar kaki Gunung Sinabung. Karena itu, warga yang beraktivitas di luar rumah diimbau untuk menggunakan masker.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mengamankan sarana air bersih dan membersihkan paparan debu untuk mengurangi dampak buruk terhadap kesehatan,” katanya.

Armen juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tidak memasuki zona larangan yang sudah ditetapkan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG).

Bagi masyarakat dan wisatawan diminta tidak memasuki radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung. Kemudian, radius 5 km dari sektor Selatan-Timur dan 4 km untuk sektor timur-utara dari puncak gunung.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9796 seconds (0.1#10.140)