Masuk Kabinet Jokowi, AHY Dinilai Bisa Mengulang Sukses Sang Ayah

Minggu, 09 Juni 2019 - 12:40 WIB
Masuk Kabinet Jokowi, AHY Dinilai Bisa Mengulang Sukses Sang Ayah
AHY dinilai bisa mengikuti jejak ayahnya, SBY jika Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat itu masuk Kabinet Jokowi-Maruf Amin nantinya. Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai bisa mengulang kesuksesan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi presiden.

Kesuksesan bisa terulang jika Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat itu masuk kabinet Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin nantinya. Sebab, Ketua Umum Partai Demokrat SBY pernah menjadi menteri era Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri sebelum maju di Pilpres 2004 dan 2009.

Pengamat Politik dari Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara mengakui bahwa bergabung dengan kabinet pemerintahan pemenang Pemilu 2019 bisa menjamin eksistensi partai politik dan calonnya di Pemilu 2024 jika akan maju sebagai kandidat calon pemimpin nasional berikutnya.

"SBY dulu adalah Menko Polhukam di masa Presiden Megawati, sebelum melenggang menjadi presiden di 2004 dan 2009. AHY bisa mengikuti jejak ayahnya jika masuk kabinet pemerintahan pasca Pemilu 2019," ujarnya kepada SINDOnews, Minggu (9/6/2019).

Diketahui, sinyal Partai Demokrat gabung ke dalam Koalisi Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin kian menguat setelah Kedua Putra SBY silaturahmi ke Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di hari pertama Idul Fitri. AHY dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) juga silaturahmi ke Presiden Jokowi di hari yang sama.

"Pertemuan AHY dengan Jokowi, juga silaturahmi AHY dengan Megawati bisa dilihat ke arah itu, yaitu sebuah embrio komunikasi politik untuk membuka akses atau jabatan politik dalam pemerintahan nanti," jelasnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8805 seconds (0.1#10.140)