Fokus Alisson Becker di Kotak Penalti Bikin Liverpool Ditakuti

Jum'at, 26 April 2019 - 19:26 WIB
Fokus Alisson Becker di Kotak Penalti Bikin Liverpool Ditakuti
Alisson Becker memiliki pengaruh yang kuat untuk menempatkan Liverpool berada dalam trek yang tepat dalam perburuan gelar juara di Liga Inggris 2018/2019 / Istimewa
A A A
LIVERPOOL - Sosok Alisson Becker memiliki pengaruh kuat untuk menempatkan Liverpool berada dalam trek yang tepat dalam perebutan gelar juara Liga Inggris 2018/2019. Sejak didatangkan dari AS Roma pada bursa transfer, Juli tahun lalu, senilai 66,8 juta Poundsterling atau sekitar Rp1,2 triliun, kiper brewok tersebut telah memberikan banyak perbedaan besar pada permainan Si Merah musim ini.

Tengok saja aksi penyelamatan Alisson di musim ini. Berkaca pada statistik, kiper berpaspor Brasil itu telah membuat 19 clean sheet dalam 35 penampilannya bersama Liverpool di kompetisi domestik.

Kepiawaiannya dalam mengawal gawang Liverpool tetap perawan kerap kali membius penikmat sepak bola di Inggris. Betapa tidak, dari 20 tim yang berada di kompetisi utama (Premier League), Liverpool menjadi satu-satunya klub yang memiliki jumlah kebobolan paling sedikit.

Dari 25 pertandingan yang telah dijalani, Liverpool hanya kebobolan 20 kali. Alisson pun terbukti menjadi tembok yang ampuh buat Liverpool. Meski memiliki postur tubuh tinggi, namun refleks-nya yang cepat dalam menghalau bola sudah tak perlu diragukan lagi.

Saking hebatnya di bawah mistar gawang, Alisson sampai mendapat julukan si Bungkuk yang mampu menghalau dan meninju bola menjauh dari gawangnya dengan kedua tangannya. Kecepatan atau respon Alisson dalam membaca pergerakan pemain lawan merupakan salah satu keunggulannya.

Jika membaca statistik dari semua kiper di Liga Inggris yang setidaknya telah memainkan lima pertandingan musim ini, Alisson merupakan salah satu kiper yang paling sulit ditaklukkan ketika berada di dalam kotak penalti. Dia menempati posisi teratas dengan persentase 70,77%.

Mengekor di belakang Alisson, yakni Cech (69.57), Lloris (69.51), Ederson (64.91) dan Guaita (64.44). Sehingga tak salah di balik kesuksesan Liverpool di musim ini, ada kontribusi besar yang diberikan Alisson.

Bahkan Alisson setidaknya telah menggarisbawahi namanya sebagai penjaga gawang yang dapat diandalkan untuk menjamin tim Juergen Klopp keluar dari tekanan dalam perburuan gelar Liga Inggris musim ini. Pasalnya, dengan tiga pertandingan tersisa, klub berjuluk The Reds wajib menyapu bersih semua laga dengan kemenangan sembari berharap Manchester City terpeleset di salah satu laga tersisa.

Jika Alisson mampu menjaga gawangnya tetap perawan di tiga pertandingan tersisa, maka sudah dipastikan dia bakal memenangkan penghargaan individual sebagai penjaga gawang terbaik di Liga Inggris musim ini atau Golden Glove. Keandalannya dalam menghalau bola itu pun dipastikan bakal menjadi momen yang krusial buat Liverpool yang sedang mengejar trofi Liga Inggris untuk kali pertama sejak 1989/1990.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9993 seconds (0.1#10.140)