alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pertama di Dunia, Ide Kolam Renang 360 Derajat di Atas Pencakar Langit

Muhaimin
Pertama di Dunia, Ide Kolam Renang 360 Derajat di Atas Pencakar Langit
Desain kolam renang 360 derajat Infinity London di atap gedung pencakar langit. Foto/Compass Pool

LONDON - Sebuah kolam renang tanpa batas atap dengan pemandangan cakrawala 360 derajat akan dibangun di atas gedung pencakar langit di London. Kolam ini akan dijuluki "Infinity London".

Desain, yang menggambarkan semua sisi kolam jernih dan terbuka untuk elemen-elemen di atas gedung pencakar langit 220 meter, telah diluncurkan oleh Compass Pools. Perusahaan tersebut telah merancang juga bangunan di bawahnya. Desain itu akan menampilkan hotel mewah dengan lantai atas yang menawarkan akses kolam renang untuk para tamu.

Perenang akan mencapai kolam 600.000 liter air tersebut melalui tangga spiral yang berputar. "Kami menghadapi beberapa tantangan teknis yang cukup besar pada bangunan ini, yang terbesar adalah bagaimana cara benar-benar masuk ke kolam," kata perancang dan direktur teknis kolam renang Compass Pool, Alex Kemsley kepada e-architect.co.uk.



"Solusinya didasarkan pada pintu kapal selam, ditambah dengan tangga spiral berputar yang naik dari lantai kolam ketika seseorang ingin masuk atau keluar—ujung tombak mutlak dari kolam renang dan desain bangunan dan sedikit James Bond untuk boot!," ujarnya.

Selain sisi, bagian bawah kolam juga akan transparan, yang memungkinkan tamu hotel untuk melihat ke atas dan melihat orang-orang berenang di atasnya. Akrilik Cor akan digunakan. Material tersebut mentransmisikan cahaya pada panjang gelombang yang sama dengan air, yang berarti kolam akan tampak benar-benar jernih.

Fitur canggih lainnya termasuk monitor kecepatan angin inbuilt yang diumpankan langsung ke sistem manajemen yang dikendalikan komputer, memastikan air tidak tertiup dari kolam dalam cuaca angin kencang.

Air akan dipanaskan secara berkelanjutan, menggunakan energi limbah dari sistem pendingin udara hotel. "Arsitek sering datang kepada kita untuk merancang atap kolam infinity, tetapi jarang kita mendapatkan suara dalam desain bangunan karena kolam biasanya merupakan sebuah renungan," kata Kemsley.

"Tetapi pada proyek ini, kami sebenarnya memulai dengan desain kolam renang dan pada dasarnya berkata, 'bagaimana kita menempatkan bangunan di bawah ini?'," paparnya.

"Ketika kami mendesain kolam, kami menginginkan pemandangan yang tidak terganggu, baik di atas maupun di bawah air," imbuh dia, seperti dikutip The Independent, Sabtu (8/6/2019).

Dia menambahkan; "Letakkan kacamata Anda di atas dan dengan tampilan London 360 derajat dari ketinggian 220 meter ke atas, itu benar-benar akan menjadi sesuatu yang lain— tetapi jelas bukan satu-satunya untuk para akrofobik!."

Konstruksi Infinity London dapat dimulai pada tahun 2020 jika semua investor dan pengembang bisa dikonfirmasi. Paparan perusahaan itu memicu para pengguna internet bertanya-tanya bagaimana cara mengisi air kolam renang hingga 600.000 liter di pucuk gedung pencakar langit. Beberapa pengguna internet bercanda dengan membuat gambar ilustrasi helikopter terbang mengisi kolam itu dengan air.



(boy)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif