Kabinet Jokowi, Batu Loncatan AHY ke Pilpres 2024

Minggu, 09 Juni 2019 - 11:38 WIB
Kabinet Jokowi, Batu Loncatan AHY ke Pilpres 2024
Direktur IPI Karyono Wibowo mengatakan bisa menjadi batu loncatan AHY untuk melenggang maju di Pilpres 2024 jika bergabung di Kabinet Jokowi. Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Direktur Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengakui bahwa sinyal Partai Demokrat bergabung ke dalam Koalisi Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin kian menguat.

Sinyal itu, kata dia, muncul setelah Kedua Putra Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) silaturahmi ke Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di hari pertama Idul Fitri.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) juga silaturahim ke Presiden Jokowi di hari yang sama. Karyono mengatakan, AHY juga sebelumnya sudah menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta usai pemungutan suara Pemilu 17 April 2019 lalu.

"Mengakomodir Demokrat dalam koalisi di satu sisi akan menciptakan stabilitas politik dan pemerintahan. Pasalnya, dukungan politik pemerintahan Jokowi di parlemen semakin kuat," ujar Karyono kepada SINDOnews, Minggu (9/6/2019).

Diakuinya bahwa periode kedua Pemerintahan Jokowi membutuhkan dukungan politik yang kuat untuk menuntaskan pembangunan. Namun, lanjut dia, di sisi lain mengakomodir Partai Demokrat bisa berdampak pada dua sisi. "Bisa menjadi batu loncatan AHY untuk melenggang maju di Pilpres 2024 atau justru sebaliknya membonsai Demokrat dan AHY," ucapnya.

Kendati demikian, kata dia, hal tersebut tergantung bagaimana masing-masing kekuatan politik saling memanfaatkan peluang. Adapun Partai Demokrat merupakan salah satu partai Koalisi Indonesia Adil Makmur pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 bersama Partai Gerindra, PKS, PAN dan Berkarya.

Sedangkan PDIP merupakan salah satu partai pendukung Jokowi-KH Ma'ruf Amin. AHY sebelumnya juga pernah maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada 2017 bersama Sylviana Murni, namun perolehan suara mereka anjlok.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8901 seconds (0.1#10.140)