Parah, Mesin Pendingin Kamar Mayat RSUD Sidimpuan Rusak

Minggu, 15 Maret 2020 - 06:13 WIB
Parah, Mesin Pendingin Kamar Mayat RSUD Sidimpuan Rusak
Gedung RSUD Padangsidimpuan (Foto/Sindonews/zia nasution)
A A A
PADANGSIDIMPUAN - Parah, mesin pendingin kamar mayat di RSUD Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut), rusak dan tidak berfungsi. Akibatnya, mayat terpaksa diletakkan di ruangan tanpa pendingin.

Sebelumnya, rontgen dan genset milik rumah sakit kebanggan masyarakat Kota Salak itu juga tidak berfungsi karena rusak. Informasi yang diperoleh dari pihak rumah sakit, mesin pendingin kamar mayat tersebut sudah lama mengalami kerusakan. Sehingga, para petugas khawatir apabila ada mayat tanpa identitas masuk ke kamar mayat.

"Sudah lama rusak, makanya, kami khawatir, apabila ada mayat tanpa identitas akan cepat membusuk sebelum dijemput keluarganya,"ujar para petugas kepada SINDONews ketika ditemui, Sabtu (14/3/2020). Saat ini, mereka terpaksa meletakkan mayat di meja di dalam kamar mayat tanpa ada alat pendingin sesuai standar.

Terpisah, Wakil Ketua 1 DPRD Padangsidimpuan, Rusydi Nasution, mengaku prihatin dengan banyaknya fasilitas rumah sakit yang rusak. Menurutnya, alat-alat yang rusak tersebut semua berkaitan langsung dengan sistem pelayanan kepada masyarakat.

"Saya heran, kok banyak alat yang rusak, padahal, biaya pemeliharaan setiap tahun ditanggung,"ujar politisi asal Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu.

Layaknya, fasilitas di kamar mayat harus tetap berfungsi, terutama kulkas pendingin jenazah. Tanpa alat tersebut, maka mayat yang dibawa ke ruangan itu akan cepat membusuk dan akhirnya mengganggu kenyamanan pasien di rumah sakit."Kami meminta agar pihak rumah sakit agar segera melakukan pembenahan,"tandasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7558 seconds (0.1#10.140)