Polres Tanjung Balai Amankan 39 TKI dari Malaysia

Minggu, 15 Maret 2020 - 06:48 WIB
Polres Tanjung Balai Amankan 39 TKI dari Malaysia
Polisi Resor (Polres) Tanjung Balai mengamankan 39 TKI yang berasal dari Malaysia diperairan Tanjung Balai Asahan.(Foto/SINDONews/Ist)
A A A
TANJUNG BALAI - Polisi Resor (Polres) Tanjung Balai mengamankan 39 TKI yang berasal dari Malaysia diperairan Tanjung Balai Asahan.

Para TKI itu ditemukan polisi sedang berlayar dengan menumpang Kapal Motor Tanpa Nama, merk Mitsubishi Ps.100, sudah memasuki perairan Tanjung Balai, Jumat (13/3/2020) sekitar pukul, 14.30 WIB.

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH, mengatakan, peristiwa pengamanan ke 39 TKI itu berawal ketika Sat Reskrim Polres Tanjung Balai, mendapat informasi ada Kapal Motor Tanpa Nama membawa penumpang TKI dari Malaysia.

"Kemudian, Informasi tersebut ditindaklanjuti oleh polisi, dengan menyewa satu unit kapal untuk menelusurinya," kata AKBP Putu Yudha Prawira, Sabtu, (14/3/2020) sore.

Dia menjelaskan, ternyata pada saat di Perairan Tanjung Balai Asahan pihaknya menemukan Kapal Motor Tanpa Nama bermesin Merk Mitsubishi PS 100 membawa penumpang.

Selanjutnya kapal tersebut diamankan di Dermaga Sat Pol Airud Polres Tanjung Balai sedangkan penumpang 39 orang diamankan di Kantor Sat Reskrim.

"Terhadap para penumpang telah dilakukan pendataan dan juga telah dilakukan pemeriksaan Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Karantina Kesehatan Pelabuhan Teluk Nibung Kota Tanjung Balai,"bebernya.

Putu menyatakan, dari hasi pemeriksaan kesehatan oleh dinas Karantina Kesehatan, semua penumpang dalam keadaan sehat jasmani. Selain itu, dari hasi pemeriksaan petugas, tidak ditemukan barang barang bawaan terlarang.

"Sampai hari ini, seluruh penumpang dan Tekong, Kwanca, ABK masih menjalani pendataan di Kantor Sat Reskrim sebelum dilimpahkan ke Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai," ungkap Kapolres.

Sementara, penumpang TKI dari Malaysia sebanyak 39 orang itu, di antarannya, 26 laki-laki dewasa dan 10 perempuan dewasa. Kemudian, 2 anak laki-laki dan 1 anak perempuan.

Mereka merupakan warga Asahan 9 orang; Warga Tanjung Balai 2 orang; dan 3 warga Medan.

Selanjutnya, 2 warga Batubara; 5 warga Bandar Lampung; 3 warga Jambi; 4 warga Lampung; dan 1 laki- laki serta 1 perempuan merupakan warga Langkat. Kemudian, 2 wanita warga Aceh; 2 perempuan warga Asahan; dan 2 perempuan warga Riau.

Kemudian 2 perempuan warga Kabupaten Serdang Bedagai; 1 perempuan warga Medan.

Untuk data Tekong dan ABK yakni, Zuhri Masmarta, (38)Tekong Kapal, wargaAek Loba Pekan Asahan, Sulaiman Marpaung, (44) Kwanca warga Teluk Nibung Kota Tanjung Balai, Firmansyah Hasibuan, (43), ABK, warga Teluk Nibung Kota Tanjung Balai dan Rudianto, (34) Thn, ABK, warga Seidadap Kabupaten Asahan.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7980 seconds (0.1#10.140)