Libur Lebaran, Wisatawan ke Danau Toba Membeludak

Sabtu, 08 Juni 2019 - 21:38 WIB
Libur Lebaran, Wisatawan ke Danau Toba Membeludak
Antrean kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Ajibata untuk menuju wisata Dana Toba dan Pulau Samosir. (Foto: iNews/Dharma Setiawan)
A A A
AJIBATA - Ribuan wisatawan memadati kawasan wisata Danau Toba untuk mengisi libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijiriah pada Sabtu (8/6/2019).

Mereka bahkan antre menunggu kapal yang akan menuju ke Pulau Samosir, Sabtu (8/6/2019). Antrean kendaraan tampak terjadi di lokasi menuju Pelabuhan Penyebrangan Ajibata. Hal ini karena membeludaknya pengunjung, sedangkan jumlah kapal penyeberangan hanya terbatas.

Seorang wisatawan bernama Johan mengaku hanya bisa pasrah menanti giliran dapat menyeberang ke Pulau Samosir. Selain keterbatasan kapal, dia menilai antrean ini disebabkan lambatnya pelayanan di Pelabuhan Ajibata.

"Sistem pelayanannya perlu lebih baik lagi, apalagi dengan jumlah kapal penyeberangan yang hanya sedikit," ujarnya.

Pengelola Pelabuhan Ajibata mengungkapkan, selama libur lebaran, pihaknya sudah menyeberangkan 750 kendaraan roda empat ke Pulau Samosir. Untuk memaksimalkan pelayanan, ASDP telah menyiapkan 5 kapal ferry untuk melayani para wisatawan.

"Kelima kapal ini melayani wisatawan secara bergantian," kata Staf Ahli Menteri Perhubungan Umar Aris, Sabtu (8/6/2019).

Dia mengungkapkan, mengantisipasi terjadinya kecelakaan selama pelayanan, Kementerian Perhubungan telah melakukan pengawasan ketat terhadap kapal yang beroperasi di Danau Toba. Selain itu, Kemenhub juga telah menyediakan satu Kapal Motor (KM) Ihan Batak untuk melayani para wisatawan menuju sejumlah destinasi wisata di Danau Toba.

"Pengawasan ini kami mulai dari data manifes penumpang, life jacket hingga tidak boleh melewati batas kapasitas kapal," tuturnya.

Diprediksi tingkat kunjungan wisatawan ke Danau Toba masih akan terus meningkat hingga Minggu (9/6/2019). Seiring dengan berakhir masa dan cuti bersama Lebaran 2019.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3469 seconds (0.1#10.140)