Negara Ingin Cabut Lockdown, Ini Pesan dari WHO

Sabtu, 02 Mei 2020 - 07:20 WIB
loading...
Negara Ingin Cabut Lockdown, Ini Pesan dari WHO
Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mewanti-wanti negara yang ingin mencabut lockdown guna membatasi penyebaran virus COVID-19. Menurut WHO pencabutan lockdown harus dilakukan bertahap, sembari waspada dan siap untuk memberlakukan kembali lockdown jika terjadi lonjakan.

Ahli komite darurat WHO, Mike Ryan mengatakan, kelompok rentan yang berada di lembaga-lembaga termasuk mereka yang berada di panti jompo, penjara, dan tempat penampungan migran, harus dilindungi.

Bahkan jika virus mulai terkendali, masyarakat harus tahu untuk tetap mengikuti langkah-langkah menjaga jarak dan kebersihan fisik, dan pengujian kasus-kasus yang dicurigai harus dilanjutkan.

“Sangat penting bahwa ketika negara-negara meringankan langkah-langkah itu, mereka secara konstan mencari peningkatan infeksi dan khususnya berurusan dengan penularan dalam pengaturan khusus,” kata Ryan dalam konferensi pers seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (2/5/2020). (Baca juga : Sambil Bawa Senapan, Demonstran AS Tuntut Lockdown Michigan Dicabut )

Menurut Ryan virus ini telah menyebar di berbagai fasilitas untuk para manula di Eropa dan Amerika Utara, sementara di Singapura telah menginfeksi pekerja migran di tempat penampungan.

"Karena percikan dalam situasi seperti itu berubah menjadi api dengan sangat cepat," imbuhnya.

WHO mengakui kesulitan bagi pemerintah untuk mempertahankan lockdown selama pandemi karena alasan sosial, psikologis dan ekonomi.

"Jadi kami sangat cemas bahwa kami dapat pindah ke situasi di mana penyakit dapat dikendalikan dengan tindakan yang tidak terlalu parah," ujarnya.
(nfl)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)