Danramil dan Babinsa Bantu Warga Melahirkan di dalam Mobil

Selasa, 10 Maret 2020 - 14:52 WIB
Danramil dan Babinsa Bantu Warga Melahirkan di dalam Mobil
Danramil 08/Barumun, Kodim 0212/Tapanuli Selatan, Kapten Inf Fahri Batubara bersama Babinsa berhasil membantu proses kelahiran seorang wanita dalam mobil Toyota Avanza. (Ist)
A A A
PADANGLAWAS - Komandan Koramil (Danramil) 08/Barumun, Kodim 0212/Tapanuli Selatan, Kapten Inf Fahri Batubara bersama Babinsa berhasil membantu proses kelahiran seorang wanita dalam mobil Toyota Avanza.

Peristiwa itu tepat terjadi di depan Makoramil 08/Barumun Jalan Ki Hajar Dewantara Kelurahan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara (Sumut), Senin (9/3/2020).

Saat itu, Ali Sehat Chaniago (19) yang membawa mobil Toyota Avanza, tiba-tiba berhenti di depan Makoramil 08/Barumun. Sambil bergegas keluar, Ali meminta tolong kepada petugas Piket Koramil 08/Barumun. "Tolong Pak! Istri saya mau melahirkan. Dia ada di dalam mobil," ucap warga Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa itu kepada petugas piket.

Teriakan minta tolong Ali ini didengar juga oleh Danramil yang sedang di dalam ruangan kerjanya. Tanpa berpikir dua kali, Danramil langsung mengajak Babinsa menuju ke mobil warna hitam itu. Di dalam mobil, Danramil melihat seorang wanita terbaring di bangku tengah dengan jarum inpus menempel di tangannya. Seorang petugas medis dan Bidan juga ada di dalam mobil.

Ali yang sempat panik menanti kelahiran anak pertama mereka, akhirnya bisa tersenyum bahagia. "Alhamdulillah, meski pun dalam keadaan darurat dan sempat panik, anak kami telah lahir. Alhambulillah laki-laki, dan kondisi bayi dan ibunya sehat," tutur Ali.

Saat melihat kondisi wanita yang diketahui bernama Hodijah br Simanjuntak (19) itu, Danramil bersama Babinsa langsung memberikan bantuan semaksimalnya. "Alhamdulillah. Meski darurat, namun proses persalinannya bisa berjalan normal dengan dibantu bidan yang ikut dengan pasien. Ibu dan bayinya juga selamat," jelas Danramil.

Dari penjelasan Bidan, Hodijah merupakan pasien rujukan dari Ruang Tunggu Kelahiran (RTK) Puskesmas Ujung Batu, Sosa, menuju RSUD Sibuhuan. Namun belum lagi sampai ke tujuan, Hodijah keburu melahirkan. "Jadi, saat tahu istrinya sudah mau melahirkan, Ali yang mengemudikan mobil langsung berhenti di depan Makoramil dan meminta tolong kepada petugas piket," ujar Danramil.

Setelah proses persalinan selesai, bayi berjenis kelamin laki-laki itu langsung dibawa ke Makoramil untuk dilakukan perawatan dan pembersihan. "Ayahnya sudah meng-azan-kan anaknya," ungkap Danramil.

Sebelum kembali ke Sosa, Ali menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danramil dan Babinsa. "Terima kasih kepada Danramil dan Babinsa yang menjadi repot karena proses persalinan istri saya ini. Terima kasih pak, kami akan kembali ke Sosa," pungkasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6369 seconds (0.1#10.140)