Buntut Bentrok 2 Kelompok Pemuda, Puluhan Rumah Dibakar di Buton

Kamis, 06 Juni 2019 - 07:37 WIB
Buntut Bentrok 2 Kelompok Pemuda, Puluhan Rumah Dibakar di Buton
Dua kelompok pemuda dari Desa Sampuabalo dan Desa Gunung Jaya, Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara (Sultra), terlibat bentrok hingga terjadi pembakaran puluhan rumah. (Foto/Inews/Andhy Eba)
A A A
BUTON - Dua kelompok pemuda dari Desa Sampuabalo dan Desa Gunung Jaya, Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara (Sultra), terlibat bentrok hingga terjadi pembakaran puluhan rumah.

Dua kelompok pemuda ini terlibat aksi saling serang / bentrokan terjadi pada Rabu (5/6/2019) sekitar pukul 14.30 WITA

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhard menjelaskan belum diketahui pasti penyebab bentrokan ini. Namun informasi warga, bentrokan bermula saat puluhan pemuda Desa Sampuabalo melakukan konvoi menggunakan motor knalpot bising melintas di Desa Gunung Jaya pada Selasa (4/6/2019) sekitar pukul 20.00 WITA.

Warga Desa Gunung Jaya merasa terganggu dengan suara bising knalpot motor puluhan pemuda tersebut.

Beberapa menit kemudian, puluhan pemuda yang melakukan konvoi, kembali di pertigaan Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo.

Puluhan pemuda yang melakukan konvoi berteriak kemudian terjadi pelemparan ke arah rumah-rumah warga di Desa Gunung Jaya hingga akhirnya terjadi keributan.
Buntut Bentrok 2 Kelompok Pemuda, Puluhan Rumah Dibakar di Buton


Selanjutya pada pukul 21.00 WITA, dua anggota Polsek Sampuabalo ke lokasi kejadian melerai dua kelompok pemuda yang bertikai tersebut.

Pertikaian ini rupanya belum berakhir. Hingga pada Rabu (5/6/2019) pukul 14.30 WITA, massa dari Sampuabalo mendatangi Desa Gunung Jaya dan melempari rumah-rumah warga menggunakan bom molotof hingga menyebabkan puluhan rumah terbakar.

Aksi ini memicu warga Gunung Jaya melakukan perlawanan. Mendapat informasi itu, Polres Buton mengerahkan satu peleton dalmas di lokasi kejadian dipimpin langsung Wakapolres Buton Kompol Arnaldo Von Bullow untuk mengamankan situasi di lokasi kejadian.

Hingga tadi malam situasi di lokasi bentrokan masih mencekam. Aparat keamanan gabungan TNI- Polri siaga di lokasi kejadian mencegah bentrok susulan. Akses jalan juga ditutup karena alasan keamanan.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5424 seconds (0.1#10.140)