Filipina Deklarasi Darurat Kesehatan Publik untuk Wabah Virus Corona

Minggu, 08 Maret 2020 - 07:53 WIB
Filipina Deklarasi Darurat Kesehatan Publik untuk Wabah Virus Corona
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Foto/REUTERS
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte bakal mendeklarasikan darurat kesehatan publik untuk membantu mengatasi penyebaran virus corona (Covid-19) setelah negara itu mencatat kasus pertama transmisi komunitas.

Kementerian Kesehatan Filipina melaporkan tiga kasus baru infeksi sejak Jumat (6/3), setelah sebelumnya ada tiga turis asal China yang positif corona pada Januari dan pekan pertama Februari.

"Duterte sepakat mendeklarasikan darurat kesehatan setelah perkembangan terbaru," ungkap Bong Go, ketua Komite Senat untuk Kesehatan dan merupakan orang dekat Duterte.

"Seluruh lembaga pemerintah diminta mengambil respon penting, segera dan tepat untuk mengatasi dan memusnahkan ancaman Covid-19," kata Go.

Kasus pertama transmisi komunitas melibatkan pria Filipina berumur 62 tahun yang tidak melakukan perjalanan ke luar negeri baru-baru ini.

"Istrinya yang berumur 59 tahun juga terinfeksi sehingga jumlah kasus yang dikonfirmasi di negara itu menjadi enam. Keduanya kini dirawat di rumah sakit pemerintah," ungkap pernyataan Kementerian Kesehatan.

Kementerian Kesehatan mendeklarasikan kode waspada merah dengan seruan untuk para profesional medis agar siap bertugas dan merekomendasikan deklarasi darurat kesehatan publik untuk membantu pengadaan persediaan penting serta langkah karantina.

"Ini seruan pencegahan untuk memastikan pemerintah nasional dan lokal serta publik dan penyedia layanan kesehatan swasta dapat bersiap untuk kemungkinan peningkatan suspect dan kasus yang dikonfirmasi," papar Menteri Kesehatan Filipina Francisco Duque.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0854 seconds (0.1#10.140)