Sumut Fair 2020, Bupati Zahir: Ini Momentum Batubara Go Internasional

Sabtu, 07 Maret 2020 - 09:55 WIB
Sumut Fair 2020, Bupati Zahir: Ini Momentum Batubara Go Internasional
Bupati Batubara Zahir dalam rapat penyelenggaraan Sumut Fair 2020 di kantor Gubernur Sumut di Medan.(Foto:SINDOnews/Ist)
A A A
MEDAN - Pemkab Batubara menjadi tuan rumah Sumut Fair 2020, yang akan digelar 20 Februari mendatang. Event ini menjadi momentum Batubara sebagai proyek strategis nasional untuk menggaet investor lokal maupun mencanegara.

Bupati Batubara Zahir menjelaskan proyek strategis nasional Kabupaten Batubara sudah diatur dalam Perpres 81 tahun 2018 dan Kawasan Stragis Provinsi diatur dalam Perda nomor 2 tahun 2019.

“Momentum Sumut Fair 2020 ini harus kita ambil untuk mempromisikan Batubara di tingkat nasional maupun internasional. Kami berharap dukungan penuh Pemprov Sumut, untuk menjadikan Batubara lebih baik lagi ke depan,” kata Zahir dalam rapat persiapan penyelenggaraan Sumut Fair 2020 di Pemprov Sumut, Jumat (6/3/2020) petang.

Rapat persiapan Sumut Fair 2020 dihadiri sejumlah utusan Kabupaten/Kota se-Sumut, bersama Asisten Asisten Ekbang Prov Sumut Arif Nugroho, Karo Perekonomian Sumut Ernita Bangun, Dirut PPSU Amir Nasution dan Komisaris Utama PPSU Hendra, Ketua TIM TBUPP Drs Syaiful Syafri,MM dan Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus.

Bupati Zahir juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi atas diberikannya kepercayaan kepada Batubara sebagai tuan rumah Sumut Fair 2020.

Oleh karena itu, politisi PDI Perjuangan ini akan menjadikan Sumut Fair 2020 tampil beda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Semua investasi yang ada di Batubara, baik Pelindo, Inalum, Perkebunan, Minyak, Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung, Pariwisata Sejarah akan kita hadirkan untuk menyemarakkan sekaligus memanfaatkan event ini agar Go Internasional,” kata Zahir kepada SINDONews.

Semua perusahaan inevstasi baik lokal dan mancanegara yang ada akan disatupadukan dalam stand rumah Melayu Batubara di area Sumut Fair.

Zahir juga mengajak semua elemen masyarakat, Forkopimda hingga pelaku UMKM baik makanan, kerajinan tangan, hasil BUMDes hingga kain tenun dan songket Melayu Batubara akan meramaikan event ini.

“Saya mau semua hasil bumi Batubara yang sudah dikemas dalam bingkai modern mampu menembus pasar dan diterima masyarakat. Jadi saya berharap, semua OPD, insansi terkait berperan aktif untuk memanfaatkan ini demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Batubara. Kita dukung penuh Sumut bermartabat,” tegas Zahir.

Zahir menegaskan, dia tidak ingin produk-produk yang dihadirkan di tengah-tengah event ini hanya hiasan, namun benar-benar hasil olahan tangan-tangan terampil masyarakat Batubara.

Yang tak kalah menarik, selain menampilkan kesenian dan budaya, Batubara akan memperkenalkan busana Songket Melayu yang sudah dikenal sejak 1862 dengan pagelaran fashion show yang dibawakan generasi-generasi emas Batubara dibawa Binaan Dekranasda yang juga ketua TP PKK Maya Indriasari.

Dalam kesempatan ini, Drektur BUMD PTPPSU Amir Mahmud Nasution dari hasil rapat dia memastikan tidak ada biaya lainnya selain yang di sepakati pada pertemuan ini. Dan jika hal itu juga masih terjadi agar segera melaporkan ke pihak BUMD dan Pihak BUMD akan menindak tegas oknum yang bersangkutan.

Panitia penyelenggara juga memastikan bahwa penataan parkir kenderaan akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Zahir, Ketua TBUPP Syaiful Syafri, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sahala Nainggolan, Kadis Pendidikan Ilyas Sitorus, Kadis Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Syafri Musa, Kadis Koperindag dan UMKM Ramadhan Choir serta perwakilan pejabat Kabupaten kota se Sumatera Utara.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3033 seconds (0.1#10.140)