MUI Harapkan Khatib Idul Fitri Doakan Kedamaian Bangsa

Selasa, 04 Juni 2019 - 19:59 WIB
MUI Harapkan Khatib Idul Fitri Doakan Kedamaian Bangsa
Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau agar khatib Salat Idul Fitri 1 Syawal 1440 H berkenan mendoakan kedamaian bangsa Indonesia.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh dalam pesan yang dikirim menyebuktna mengharapkan para khatib idul fitri menyelipkan doa dalam khutbahnya, untuk kedamaian dan kemaslahatan bangsa, serta tetap terpeliharanya keamanan, kenyamanan, dan jauh dari rasa permusuhan.

"Pemusuhan yang bisa mengoyak kebersamaan kita sebagai bangsa. Mendoakan para pemimpin bangsa untuk terus diberi kekuatan untuk membangun bangsa. Para elitnya diberi kekuatan untuk membangun kebersamaan dan menahan diri dari perpecahan," sebutnya.

Hakekat Idul Fitri adalah kesediaan untuk berbagi, berbagi permaafan sebelum orang memintanya. Saling memaafkan adalah kunci untuk merajut tali silatuurahmi. Hakekat silaturrahmi adalah menyambungkan tali persaudaraan yang pernah terputus.

"Terputus karena jarak, karena kesalahpahaman, karena pemilu, dan karena sebab apapun. Kita wajib menyambung kembali untuk mewujudkan persaudaraan sejati, tanpa iri dan caci maki," bebernya.

Dia juga menyebutkan umat Islam memperkokoh persaudaraan, baik persaudaraan sesama umat (ukhuwwah Islamiyah), persaudaraan sebangsa (ukhuwwuh wathaniyyah) maupun persaudaraan sesama manusia (ukhuwwah Insaniyah).

Tidak ada lagi sekat yang memisahkan, terutama faktor psikologis akibat sisa-sisa pemilu. Saatnya merajut kebersamaan untuk kemaslahatan bersama. Kerugian bangsa lain yang pecah akibat konflik harus dijadikan pelajaran berharga agar kita tidak jatuh pd kndisi yang sama.

"Terakhir disebutkan yang sedang liburan di tempat wisata dan sanak keluarga, tetap menjaga ketentuan agama, menjalankan kewajiban salat dan lainnya serta menghindarkan diri dari hal yang dilarang," pungkasnya.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh

0818845770
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.8468 seconds (0.1#10.140)